Jangan Cuci Motor Waktu Mesin Panas, Efeknya Sangat Buruk

Jangan Cuci Motor Waktu Mesin Panas, Efeknya Sangat Buruk

Ilustrasi.

Batam - Cuci motor menjadi cara termudah bikin motor kembali bersih dan kinclong. Pekerjaan ini bisa dilakukan sendiri atau memanfaatkan jasa pencucian motor yang banyak tersebar.

Namun demikian ada hal yang wajib jadi perhatian, baik itu mencuci sendiri atau diserahkan pada orang lain. Yang paling sering dilakukan adalah kebiasaan langsung membilas sepeda motor setiba di tempat cuci motor.

Sayangnya kebiasaan ini harus ditiadakan. Khususnya untuk motor yang masih dalam kondisi mesin panas. Melansir Suzuki Indonesia, kebiasaan itu punya efek buruk untuk sepeda motor.

Bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan langsung dengan air dingin ketika dicuci adalah hal yang bertentangan. Saat besi panas langsung terkena air dingin, akan terjadi perubahan suhu yang drastis.

Kalau hal itu dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, berisiko negatif. Salah satunya adalah blok mesin motor retak. Efek buruk lainnya adalah leher pipa knalpot yang berlapis krom bisa berubah warna jadi agak kekuningan.

Karena itulah disarankan, saat kondisi suhu mesin masih panas, beri jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum dicuci. Ini akan membantu mengurangi risiko terjadi kerusakan yang tidak kita inginkan.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews