Sulit Dikenali, Ternyata Ciri-ciri Orang Depresi?

Sulit Dikenali, Ternyata Ciri-ciri Orang Depresi?

Kita lebih sering tak mengetahui bahwa ada seseorang yang tengah mengalami depresi. Gangguan mental ini sering dianggap hanya sebuah stres biasa dan cenderung diabaikan.

Padahal jika depresi tidak segera ditangani, bisa ada bahaya-bahaya yang terjadi, bahkan sampai bunuh diri seperti yang terjadi pada kasus desainer kondang Kate Spade.

Jika begitu, apakah kita bisa mengenali seseorang sedang mengidap depresi atau tidak?

"Tentu bisa. Beberapa gejala kasat mata yang dapat menjadi tanda-tanda seseorang mengalami depresi adalah terjadi beberapa perubahan," tutur Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth seperti dikutip dari detikHealth, Rabu (6/6/2018).

Veronica menyebutkan bahwa ada beberapa tanda yang bisa kita amati pada seseorang yang dapat menjadi gejala orang tersebut mengidap depresi, antara lain sebagai berikut:

a. Lebih banyak menyendiri atau menarik diri dari lingkungan sosial.
b. Kehilangan minat pada hal-hal yang menjadi hobi atau biasa disukainya.
c. Kelihatan selalu murung, sulit merasa senang, dan jarang tertawa lepas.

Ia juga menyarankan jika melihat tanda-tanda tersebut pada orang terdekat, segera beri bantuan dengan mendorong serta mengajak orang tersebut untuk konseling ke psikolog klinis.

Kate Spade yang memiliki nama asli Katherine Noel Brosnahan merupakan desainer kondang. Ia ditemukan meninggal di apartemennya pada Selasa (5/6/2018) lalu sekitar pukul 10 pagi.

Asisten rumah tangganya menemukan dia tak bernyawa karena menggantung lehernya di gagang pintu kamarnya menggunakan scarf berwarna merah, menurut penuturan The Sun. Masih belum diketahui berapa lama ia telah meninggal dan akan segera diautopsi.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews