Kampung Bule Batam Jadi Destinasi Wisata Unggulan?

Kampung Bule Batam Jadi Destinasi Wisata Unggulan?

Salah satu sudut Kampung Bule, Nagoya, Batam. (Foto: Nurlis E Meuko/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batam dari sektor Pariwisata saat ini mencapai Rp. 200 Miliar. Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD), Raja Azmansyah menilai pariwisata kini menjadi andalan Batam.

"Sektor pariwisata menjadi primadona, sekarang sudah berada pada urutan kedua setelah BPHTB, tahun ini target dari pariwisata sebesar Rp 970 miliar," ujarnya di sela acara Wonderful Batam Biz Talk yang digagas oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam di Last Pub, Kampung Bule, Jumat (27/4/2018).

Azman mengatakan, upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Batam untuk pengembangan pariwisata mulai tampak dalam mendandani Kota Batam. Cara yang dipilih adalah membangun infrastruktur jalan.

"Kota Batam adalah kota yang beruntung, tidak memiliki kekayaan alam tapi mampu mendatangkan wisatawan yang banyak, hal ini karena keberuntungan, sekarang Pemko Batam sedang membantu menata jalan, jalan dilebarkan," katanya.

 

(Foto: Wonderful Batam Biz Talk di Kampung Bule (Foto: Margareth/Batamnews)

 

Namun upaya meningkatkan pendapatan sari sektor pariwisata menurutnya tidak akan berhasil tanpa ada event, promosi dan destinasi. Untuk destinasi, Azman mencontohkan Kampung Bule akan dijadikan destinasi wisata baru. Pemerintah pusat sudah akan membantu dalam pegembangan Kampung Bule.

"Salah satunya Kampung Bule, Pemerintah Pusat sudah bersedia membantu, tinggal saat ini sedang dibuatkan Detail Enggineering Desaign (DED)-nya, tapi yang jelas Destinasi, promosi dan event harus menjadi satu kesatuan," jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Deputi V BP Batam, Irjen Pol Bambang Purwanto mengatakan pengembangan destinasi wisata sangat penting bagi kemajuan Batam, termasuk juga mengembangkan Kampung Bule.

"Buat Kampung Bule nanti akan disediakan lahan parkir. Agar para bule bisa bersantai ria di pinggir jalan," ujar Bambang.

Ia juga menekankan bahwa tugas BP Batam adalah sifatnya membantu Pemko Batam dalam upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata.

"Kami akan coba membantu Pemko Batam karena Pariwisata itu aspek utamanya untuk ekonomi, kita bangkitkan bersama-sama," kata Dia.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews