Presiden Bolivia Bocorkan Motif AS Campuri Konflik Suriah

Presiden Bolivia Bocorkan Motif AS Campuri Konflik Suriah

Presiden Bolivia Evo Morales. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Sucre - Presiden Bolivia Evo Morales mengungkapkan motif Amerika Serikat (AS) yang terus menekan Korea Utara (Korut). Evo Morales menilai AS sebagai negara yang egois dan sombong, terkait dengan kebijakan terhadap Korut.

Morales menyatakan, ia tidak habis pikir dengan sikap beberapa negara, terutama AS. Menurutnya, negara-negara tersebut terlalu sombong dan egois, yang membuat mereka tidak menghormati kedaulatan negara lain.

"Saya tidak mengerti bagaimana pemerintah dari beberapa negara. Presiden AS, misalnya, memiliki pola pikir egois dan sombong seperti itu. Setiap pemerintahan harus memikirkan kemanusiaan di tempat pertama dan menghormati identitas bangsa, persamaan negara," ucap Morales, seperti dilansir Russia Today pada Kamis (27/4).

Di kesempatan yang sama, Morales juga turut menyinggung masalah yang terjadi di Suriah. Menurutnya, Suriah menjadi rebutan sejumlah negara karena nilai strategis yang dimiliki oleh negara tersebut, tidak lebih.

"Saya yakin 30 persen sumber hidrokarbon di dunia terkonsentrasi di sekitar Suriah. Ini membawa kita kembali dalam sejarah, ketika kerajaan di bawah kekuasaan monarki membagi sumber daya. Saat ini kerajaan melakukan intervensi, menggunakan pangkalan militer dan kapal selam, dalam mengejar tujuan yang sama, untuk mendapatkan kontrol atas sumber daya alam," tukasnya.

(ind)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews