Puluhan Yacht Ajang Wonderful Sail 2 Tiba di Lingga

Puluhan Yacht Ajang Wonderful Sail 2 Tiba di Lingga

Acara Penyambuta peserta layar (yacht) yang ikut dalam ajang Wonderful Sail 2 Indonesia di Lingga. (foto: ruzi/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Puluhan kapal layar (yacht) yang ikut dalam ajang Wonderful Sail 2 Indonesia tiba di titik labuh yang ada di Kabupaten Lingga. Rombongan yacht tersebut mengarungi rute panjang yang bermula dari New Zealand pada awal Juli 2017 lalu.

Para wisatawan dari berbagai negara tersebut disuguhkan dengan keindahan panorama laut Lingga yang dapat memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lingga, Muhammad Bajari mengatakan, di Kabupaten Lingga telah memiliki 14 titik labuh jangkar. Namun, yang paling diminati wisatawan yakni Pulau Penuba dan Pulau Benan.

"Mereka sudah sampai ke Penuba pada 7 Oktober kemarin. Kita juga sudah melakukan penyambutan pada hari Senin (9/10/2017) yang dipimpin langsung Wakil Bupati dan istri Pak Bupati, ibu Heryulita Wello," kata dia kepada Batamnews.co.id, Kamis (12/10/2017).

Dikatakannya, target awal kapal yacht yang masuk ke Penuba yakni sekitar 40 kapal. Namun, yang hanya berlabuh lebih kurang 17 kapal.

"Kalau di Benan, info yang saya dapat saat ini ada lebih kurang 23 kapal. Kita juga melakukan penyambutan hari ini. Itu ibu Heryulita Wello yang turun," ujarnya.

Penyambutan para yachter tersebut memang merupakan agenda Pemkab Lingga untuk menyambut setiap wisatawan.

"Kita menyambutnya dengan tari persembahan, tepuk tepung tawar. Ya sesuai dengan adat kita lah," katanya.

Rute yang dilalui puluhan yachter ini sangat eksotis. Sejak berangkat dari Opua di New Zealand pada awal Juli, puluhan yachter ini masuk ke Indonesia via Papua Nugini.

Dari Royal Papua Yacht Club di Port Moresby di Papua Nugini, kapal berlayar dan memasuki perairan Indonesia dan telah mengeksplore beberapa persinggahan seperti Debut (23-27 Juli), Banda (30 Juli-2 Agustus), Buru Selatan (5-8 Agustus), Buton Utara (11-14 Agustus) dan terakhir Wakatobi (16-19 Agustus).

Rute selanjutnya, para peserta reli akan menyisir dan singgah di Maurole Pulau Buru (27-30 Agustus) dan Riung (1-4 September) dan singgah di Labuan Bajo (4-7 September). Labuan Bajo merupakan kawasan destinasi prioritas dan akan menikmati petualangan melihat binatang purba Komodo.

Peserta kemudian akan berlayar menuju Lombok Utara (10-13 September) dan Lovina Bali (16-19 September). Kemudian kapal-kapal tersebut juga akan menambatkan jangkarnya di daratan Kalimantan yaitu Kumai, Kotawaringin Barat (22-25 September).

Usai Kutai berlanjut ke Belitung (27-30 September), Parai Beach (02-05 Oktober), Penuba Lingga (7-10 Oktober), Benan Lingga (11-14 Oktober) dan Petualangan rally akbar akan berakhir di Tanjung Pinang pada tanggal 16-20 Oktober.

(Ruzi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews