Tok! APBD Kepri Disahkan Rp3,9 Triliun

Tok! APBD Kepri Disahkan Rp3,9 Triliun

Rapat paripurna pengesahan APBD Kepri 2021. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Paripurna pengesahan Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Kepri 2021 digelar di gedung dewan, Senin (30/11/2020). APBD 2021 Kepri disahkan dengan anggaran Rp 3,9 triliun.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak berserta para wakil ketua dan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar.

Pengesahan ditandai dengan penandatanganan dokumen persetujuan pengesahan APBD 2021 oleh unsur pimpinan DPRD Kepri bersama Pjs Gubernur Kepri. Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis berkas Perda APBD 2021 yang baru disahkan.

Wakil Ketua II DPRD Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari saat membacakan laporan akhir Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepri merincikan, struktur APBD 2021 Provinsi Kepri terdiri dari pendapatan daerah sebesar Rp 3,7 triliun. Sedangkan belanja daerah pada APBD 2021 Provinsi Kepri ditetapkan sebesar Rp 3,9 triliun.

"Pendapatan daerah itu terdiri dari PAD sebesar Rp 1,3 triliun atau naik Rp 49 miliar dari APBD 2020. Pajak Daerah Rp 981 miliar, retribusi daerah Rp 216 miliar, hasil pengelolaan kekayaan Rp 53,1 miliar dan lain-lain pendapatan yang sah Rp 101 miliar," kata Dewi.

Dewi juga menjelaskan, bahwa Provinsi Kepri juga menerima Penerimaan Dana Perimbangan sebesar Rp 2,3 triliun. Angka tersebut turun Rp 191 miliar dibanding APBD 2020.

Sedangkan, Dana Bagi Hasil Pajak/Bukan Pajak sebesar Rp 330 miliar. Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 1,1 triliun, Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp 843 miliar, serta Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 4,4 miliar.

"Kemudian penerimaan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 1,2 miliar atau turun Rp 38 miliar dari 2020, dan Silpa sebesar Rp 285 miliar," jelasnya.

Pada paripurna itu, anggota DPRD yang hadir baik secara fisik maupun virtual kompak menyetujui pengesahan Perda dalam rapat.

Sementara Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menyampaikan salam perpisahan kepada seluruh unsur pimpinan DPRD dan anggota DPRD Provinsi Kepri.

"Ini hari terkahir saya berdiri di sini. Karena hari Sabtu saya akan kembali bertugas di tempat asal saya (Kemendagri). Tak lupa saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada suluruh perangkat daerah dan DPRD Provinsi Kepri sehingga dapat menyelesaikan APBD ini tepat waktu," kata Bahtiar.

"Saya juga berjanji, akan mengawal hasil evaluasi APBD ini agar bisa segera dijalankan," janji Bahtiar yang disambut tepuk tangan seluruh anggota DPRD dan tamu pada sidang paripurna tersebut.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews