RS Khusus Corona Pulau Galang Resmi Beroperasi

RS Khusus Corona Pulau Galang Resmi Beroperasi

Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono meresmikan operasional RS Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, Senin (6/4/2020). (Foto: Yude/Batamnews)

Batam - Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepri resmi dibuka oleh Pangkogabwilhan I Laksamana Madya TNI Yudo Margono, Senin (6/4/2020) sore.

Kepada wartawan, Laksdya Yudo Margono mengatakan, pihaknya sudah melaksanakan pengecekan terhadap kesiapan rumah sakit.

"Kondisinya sudah bagus. Siap dilaksanakan operasional sesuai dengan instruksi presiden, yakni dibuka tanggal 6 April ini. Sehingga dapat membantu masyakarakat yang terkena Covid-19. Tapi mudah-mudahan nggak ada warga yang kesini, karena kami berharap kita semua sehat," ucapnya.

Peresmian RS khusus ini dilakukan dengan penekanan tombol dan pembukaan tirai plang nama rumah sakit. "Kemampuan RS darurat ini (tahap awal) ada 240 ruangan observasi dan 20 ruangan isolasi," tukasnya.

Menurut Yudo, kedepan lokasi ini juga bisa digunakan oleh para TKI (pekerja migran) Indonesia yang baru pulang dari negara tetangga untuk menjalani observasim, jika saat screening petugas di pelabuhan ditemukan TKI yang memiliki gejala dicurigai Covid-19.

"Awal mula digunakan bisa untuk pekerja migran yang jumlahnya banyak. Ini membantu rumah sakit di daerah yang kapasitasnya terbatas. RS darurat ini siap menerima rujukan dari RSUD, termasuk masyarakat yang datang langsung. Tentunya mereka akan discreening terlebih dulu," kata Yudo

Semua sarana pendukung termasuk tenaga medis, begitu juga tim gabungan TNI/Polri, Kemenkes yang berjumlah 261 personel dikatakannya siap standby.

"Semua sudah disiapkan termasuk ruangan tenaga medis dan lainnya. begitu juga tenaga pendukung seperti, dapur, lapangan, penjaga sarpras, water treatment plant, incenerator. Semuanya sudah siap," ungkapnya lagi.

Kendati demikian, ditambahkan Yudo, rumah sakit darurat ini terus akan disempurnakan pengerjaan secara bertahap.

Terkait sarana transportasi lokasi ini sudah disiapkan helipad, dermaga dan jalur darat yang bisa dipakai untuk jalur emergency. "Semua penjemputan sudah stanby dan siap," ujarnya.

Operasional RS Khusus Infeksi Galang beroperasi hari ini 6 April 2020, namun tidak serta-merta dapat langsung menerima pasien.

Alasannya, pihak pengelola rumah sakit masih melakukan penyesuaian, termasuk uji fungsi berbagai peralatan medis, dan uji tugas SDM di setiap bagian yang dipersiapkan.

"Ini membutuhkan waktu sekitar sepekan sebelum menerima pelayanan Pasien Covid-19," ucap Tjetjep Yudiana, Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau.

Tjetjep berharap, kepada rumah sakit rujukan dan yang memberi pelayanan terhadap pasien Covid-19 diminta untuk tetap memberikan pelayanan kepada pasien Covid-19, jangan lantas segera merujuk ke rumah sakit darurat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews