Mobil Diktator Mussolini Dihidupkan Lagi

Mobil Diktator Mussolini Dihidupkan Lagi

Mobil balap Mussolini bakal dihidupkan lagi (Autoblog)

Jakarta - Salah satu mobil balap milik diktator Italia, Benito Mussolini akan dibangkitkan lagi. Mobil tua yang sudah karatan itu adalah Alfa Romeo 6C 1750 buatan tahun 1930.

Mobil dengan nomor sasis 6C312898 dimiliki Mussolini pada 13 Januari 1930. Foto Mussolini berada di balik kemudian mobil tersebut masih tersimpan sampai kini.

Pada masa itu Mussolini mengeluarkan uang sebanyak 60.000 Lira demi menebusnya. Mobil itu dia gunakan untuk balapan di Italia pada awal 1930-an, sebelum dia menjadi tokoh fasisme yang dikenal di seluruh dunia.

Mobilnya itu sempat berpindah tangan beberapa kali hingga akhirnya menjadi milik Renato Tigillo pada tahun 1937. Tigillo lantas membawa mobil itu ke Eritrea, sebuah negara gabungan Italia, Somali dan Ethiopia.

Kondisi mobil itu kini sudah sangat berbeda dari bentuk aslinya. Beberapa komponen sudah dicopot, seperti fender, lampu, kaca, dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban sehingga bisa melaju lebih cepat di lintasan balap.

Tidak ada penjelasan mendetil mengenai kisah mobil ini setelah tidak lagi digunakan untuk balapan. Juga bagaimana mobil ini bisa jatuh ke tangan bengkel restorasi di Inggris, Thornley Kelham.

Pendiri Thornlet Kelham, Simon Thornley mengatakan akan menghadapi tantangan besar untuk mengembalikan mobil ini seperti pertama dibeli oleh Mussolini. Kendati begitu, Thornley akan melakukan usaha untuk menghidupkan lagi mobil bersejarah tersebut.

"Sejarah otomotif seperti ini harus diawetkan," katanya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews