170 WNI Jadi Korban Letusan Gunung Taal Filipina

170 WNI Jadi Korban Letusan Gunung Taal Filipina

Gunung Taal di Filipina yang meletus dan mengakibatkan ribuan warga mengungsi. (Foto: AP)

Manila - Sebanyak 170 warga negara Indonesia menjadi korban letusan Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina. Kebanyakan dari mereka mahasiswa.

Tim Perlindungan KBRI Manila memberikan bantuan logistik kepada WNI yang terdampak erupsi Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, Senin (13/1/2020) pagi.

Selain memantau situasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat, tim tersebut akan mengevakuasi WNI ke KBRI Manila jika diperlukan.

Baca: Gunung Taal Filipina Meletus, Ribuan Warga Diungsikan

Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, 170 WNI itu tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.

KBRI Manila juga telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat, dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah. WNI yang menghadapi situasi darurat diharap segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.

Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, telah mengalami erupsi pada Minggu (12/1/2020) pukul 17.30 waktu setempat. Gunung tersebut berjarak sekitar 82 kilometer dari Manila.

Erupsi gunung ini mengakibatkan pembatalan sejumlah penerbangan, penutupan sekolah-sekolah dan gedung pemerintah, serta evakuasi terhadap 8.000 penduduk yang tinggal di daerah berbahaya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews