Elly Sugigi Potong Gigi, Dokter Singgung Risiko Mudah Keropos

Elly Sugigi Potong Gigi, Dokter Singgung Risiko Mudah Keropos

Aditya Gumelar dan Elly Sugigi (Foto:Instagram/@ellysugigi_real_ Verified)

Jakarta - Elly Sugigi mengaku baru saja menjalani prosedur potong gigi. Di media sosial Elly tampak tak canggung memamerkan penampilan barunya membuat netizen pangling.

"Dipotong. Bisa mingkem kan gue sekarang," kata Elly dalam video Instagram stories milik Dinar Candy pada Jumat (20/12/2019).

Prosedur potong gigi atau dikenal juga dengan sebutan pangur alias kikir gigi dijelaskan oleh drg Ahmad Syaukani, SpOrt, dari Estetika Dental Clinic, sebetulnya tidak dikenal dalam ilmu kedokteran gigi. Pria yang akrab disapa drg Kani ini menyebut potong gigi bukan cara yang dianjurkan bila ingin merapikan gigi.

"Pemotongan gigi, pangur, atau kikir dapat menyebabkan lapisan email atau laporan terluar dan terkeras gigi ini terbuang dan lapisan di bawahnya terlihat," kata drg Kani seperti dilansir dari detikcom.

Lapisan gigi yang terekspos ketika gigi dipotong ini disebut dentin dan di dalamnya terdapat pori-pori yang berujung saraf. Dampaknya seseorang jadi bisa mengalami gigi sensitif saat mengonsumsi makanan.

Dentin juga sifatnya lunak bila dibandingkan email sehingga rentan keropos.

"Gigi menjadi lebih mudah keropos karena dentin lebih rapuh dibanding email jika terkena asam yang ditimbulkan oleh proses pembusukan sisa-sisa makanan," lanjut drg Kani.

"Gigi yang kurang rapi bisa dirapikan oleh dokter gigi spesialis ortodonti untuk merapikan giginya. Bukan dengan jalan memotong gigi tersebut," pungkasnya.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews