Wings Air Buka Rute Penerbangan Batam-Karimun, Berapa Harga Tiketnya?

Wings Air Buka Rute Penerbangan Batam-Karimun, Berapa Harga Tiketnya?

Wings Air.

Karimun - Maskapai Wings Air (Lion Air Group) akan membuka rute penerbangan komersial dari Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Kabupaten Karimun ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Rencananya, penerbangan tersebut akan dimulai pada 30 Mei mendatang. Tapi, sebelum itu akan dilakukan uji coba landasan di RHA Karimun.

Dengan dibukanya rute penerbangan komersial itu, setidaknya membawa kabar baik untuk Kabupaten Karimun.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Raja Haji Abdullah (RHA), Fanani Zuhri, mengatakan kabar resmi terkait mengudaranya WIngs Air di Kabupaten Karimun, diketahui setelah pihak Bandara bersama Jajaran Direksi Lion Group melakukan pertemuan pada Kamis (16/5/2019) lalu.

"Dari pertemuan malam itu, langsung diputuskan Wings Air akan masuk ke Karimun. Hari Kamis besok akan dilakukan Proving Flight, dijadwalkan terbang perdana akan dilakukan pada 30 Mei mendatang," kata Fanani.

Dilakukannya proving flight ialah untuk melakukan uji coba kelayakan bandara, dan memastikan prosedur tetap pada saat penerbangan dan pendaratan nantinya.

Menurutnya, apabila dalam proving flight yang nanti dilakukan kelayakan bandara dinilai baik, maka sudah dipastikan pada 30 Mei nanti Wings Air akan memulai penerbangan perdana dengan melayani rute Karimun- Batam.

"Kalau tidak ada perubahan dari pihak maskapai, tanggal 30 sudah mulai terbang perdana dan akan melayani rute Karimun Batam setiap harinya," katanya.

Ia mengatakan, secara kesiapan bandara dalam menyambut masuknya maskapai wings air tersebut, menurutnya sudah matang.

Pihaknya telah melakukan rapat untuk mempersiapkan personel. Kemudian, Bandara RHA telah diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan dan dinyatakan layak melayani pesawat Tipe ATR 72.

"Kesiapan kita sudah oke, ditambah kita juga sudah lulus verifikasi dan dinyatakan layak melayani penerbangan dengan tipe pesawat ATR 72," katanya.

Nantinya, rute Karimun Batam akan dilayani oleh maskapai Wings Air dengan jenis Avions de Transport Regional (ATR) 72 serie 600 dengan kapasitas penumpang sebanyak 72 orang.

Kemudian, untuk jadwal keberangkatan, direncananakan dari Karimun ke Batam dilakukan pada pukul 09.40 WIB dan tiba di Batam 10.15 WIB. Sementara dari Batam ke Karimun keberangkatan pada pukul 08.45 WIB dan tiba di Karimun 09.10 WIB.

Kendati demikian, harga tiket pesawat belum diputuskan. Namun, jika mengacu pada Permenhub, yaitu sebesar Rp 289 ribu.

"Berdasar Permenhub Nomor 106 tahun 2019, batas tertinggi untuk rute Batam- Karimun itu dibandroll harga Rp 289 ribu, sementara batas terendah yakni Rp 110 ribu, tapi harga ini belum termasuk biaya airport tax dan bagasi. Namun demikian kita masih menunggu harga dari maskapai wings," ujarnya.

Fanani menyebutkan, kedepannya tidak menutup kemungkinan akan adanya penambahan rute penerbangan ke daerah lainnya seperti Tanjungpinang dan Pekanbaru.

Dalam tahun ini juga Bandara RHA akan melakukan pengembangan bandara dengan melakukan perluasan gedung terminal.

Saat ini, menurutnya teminal Bandara RHA hanya seluas 286 meter persegi menjadi 700 meter persegi. Sementara pada tahun 2020 pihaknya akan mengembangkan aspek keamanan dan keselamatan.

"Kita terus melakukan pengembangan untuk lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kedepannya," katanya.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews