Makam Mesir Kuno Berusia 4 Ribu Tahun Terungkap, Ini Penampakannya

Makam Mesir Kuno Berusia 4 Ribu Tahun Terungkap, Ini Penampakannya

Makam Khuwy, orang terhormat dari Dinasti ke-5 Mesir Kuno. (Mohammed El Shahed/AFP)

Kairo - Arkeolog Mesir berhasil menemukan makam kuno dari Milenium ke-2 Sebelum Masehi. Dinding makam ini punya relief penuh warna, tulisan dari empat ribu tahun silam ini juga masih terjaga dengan baik.

Dilansir AFP, Minggu (14/4/2019), makam ini ditemukan para arkeolog pada Sabtu (13/4) waktu setempat. Makam ini berasal dari masa Dinasti Kelima Mesir (2465 SM hingga 2323 SM).

Lokasi makam ini ada di nekropolis atau kawasan penguburan yang terpisah, dekat Saqqara, selatan dari Kairo. Ini adalah makam seorang pejabat senior Mesir Kuno bernama Khuwy. Dia dipercaya sebagai orang terhormat pada periode Dinasti Kelima.

"Makam Khuwy yang berbentuk huruf L diawali dengan koridor kecil yang mengarah ke bawah, yakni ke arah ruang depan. Dari situ, ada sebuah ruang besar dengan relief yang dilukis, menggambarkan pemilik makam yang duduk di meja persembahan," ujar kepala tim ekskavasi, Mohamed Megahed, dalam sebuah pernyataan Kementerian Purbakala.

Diapit oleh belasan duta besar, Menteri Purbakala Khaled el-Enani mengatakan makam itu ditemukan pada bulan lalu. Material makam itu didominasi bata dari batu kapur.

Gambar hiasan dari getah hijau dan pelbagai minyak digunakan dalam proses penguburan, demikian kata el-Enani. Tembok sebelah utara mengindikasikan desain makam ini terinspirasi dari rancangan Piramid ningrat pada masa itu.

Tim ekskavasi telah menyingkap beberapa makam terkait Dinasti Kelima. Belakangan, arkeolog juga menemukan tulisan pada sebuah tiang granit yang dipersembahkan untuk Ratu Setibhor, istri dari Raja Djedkare Isesis, raja kedelapan.

Pada beberapa tahun belakangan, Mesir mendorong penemuan arkeologi di seantero negaranya. Itu adalah upaya untuk membangkitkan turisme yang sempat terpukul karena pemberontakan 2011.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews