Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021?

Indonesia Tuan Rumah MotoGP 2021?

Logo MotoGP. (Foto: Romaltea)

Batam - Indonesia dikabarkan bakal menjadi tuan rumah ajang MotoGP musim 2021 mendatang. Ajang adu balap motor terbesar sejagat itu direncanakan dihelat di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M. Mansoer menyebut pihaknya telah teken kontrak kerja sama dengan Dorna selaku penyelenggara MotoGP.

Dilansir Coconuts.co, ITDC dan Dorna disebut Abdulbar M. Mansoer telah sepakat bahwa Indonesia mendapat jatah slot menggelar MotoGP pada 2021. Saat ini, pembangunan sirkuit tengah dikebut.

"Kami menandatangani kontrak dengan Dorna pada Januari 2019. Brasil menjadi pesaing Indonesia, namun pada akhirnya kamilah yang memenangkan tender. Kami akan menyiapkan venue dan membangun sirkuit," ujar Abdulbar M. Mansoer seperti dilansir Coconuts.co, Kamis (21/2/2019).

Abdulbar M. Mansoer menjelaskan yang akan dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika merupakan sirkuit jalan raya. ITDC disebutnya akan menggandeng perusahaan asal Perancis, Vinci Construction Grand Projects untuk membangun sirkuit ini.

Soal pendanaan, Abdulbar M. Mansoer menyebut pihaknya telah mendapatkan penyandang dana melalui Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Dirinya optimistis jika pembangunan sirkuit jalan raya dengan panjang 4,3 km ini akan mulai bergulir Oktober 2019.

Digelarnya MotoGP di Mandalika pada 2021 diharapkan Abdulbar M. Mansoer akan menggerakkan roda perekonomian Nusa Tenggara Barat (NTB). Saat seri MotoGP Mandalika digelar, dirinya mengestimasi akan ada sekitar 100 ribu wisatawan yang datang setiap harinya.

"Satu seri balapan membutuhkan sekitar empat hari, karena ada tahap kualifikasi dan Moto2. Jika ada 100 ribu penonton setiap hari, dan 150 ribu pada hari terakhir balapan, kami bisa memperoleh sekitar 300 ribu pengunjung (ke Mandalika)," tukasnya.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews