Tiket Pesawat Melambung, Traveler di Sumatera Menderita

Tiket Pesawat Melambung, Traveler di Sumatera Menderita

Ilustrasi

Jakarta - Harga tiket pesawat domestik yang melambung tinggi, sangat dirasa dampaknya bagi traveler di Sumatera. Dari Aceh sampai Pekanbaru, semua putar otak untuk menghemat ongkos.

Cerita soal terbang ke Jakarta, lewat Malaysia sungguh bukan isapan jempol. Hal ini rela dilakukan demi selisih harga yang signifikan.

"Jadi susah mau berwisata dalam negeri. Beda jauh harganya, wisata ke negeri tetangga malah lebih murah," kata Rudi Chandra Sambas, traveler dari Asahan, Sumut dilansir detik.com, Minggu (13/1/2019).

Banyak yang bertanya-tanya kenapa harga tiket pesawat domestik naik tajam. Para traveler juga mencoba melihat perbandingannya dengan adil, mulai dari jenis maskapai apakah LCC, medium dan full service, faktor peak season sampai Imlek nanti dan jarak penerbangan.

Mereka karena sering naik pesawat, sudah hafal kisaran harganyanya. Kesimpulan mereka, kenaikan harga ini sudah keterlaluan.

"Akhirnya kita ke Jakarta lebih murah Pekanbaru - Kuala Lumpur - Cengkareng daripada langsung Pekanbaru - Jakarta. Masa ke Jakarta biar nggak kemahalan kita ke KL dulu, akhirnya jadi lebih sering ke KL begitu," kata Merza Gamal, traveler asal Pekanbaru.

Yang juga terkena dampaknya adalah mereka yang membuka usaha perjalanan wisata. Catur Nugraha adalah member d'Traveler yang memiliki usaha perjalanan wisata di Sumatera Barat dengan konsumen kebanyakan dari Jakarta. Kejadian ini sangat memukul usahanya.

"Benar-benar terasa dampaknya, apalagi saya dan keluarga menjadikan pariwisata Sumbar sebagai lahan rezeki. Sekarang jadinya membidik calon customer dari Malaysia, tapi ini persaingan harganya berdarah-darah. Semoga harga yang di luar logika ini cepat berakhir," demikian harapannya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews