Begini Kerasnya Latihan Fisik Pebalap MotoGP

Begini Kerasnya Latihan Fisik Pebalap MotoGP

Kerasnya latihan fisik pebalap motoGP yang tidak pernah terbayangkan (Foto:ilustrasi)

Jakarta - Menjadi pebalap MotoGP tidaklah mudah. Tidak hanya cukup memacu kendaraan, menyalip lawan, hingga memiringkan badan saat menikung. 

Persiapan fisik juga harus dilakukan dengan segenap latihan berat yang harus dijalani. Tak terkecuali bagi Dimas Ekky Pratama yang tahun depan bakal bertarung penuh dalam ajang Moto2 bersama tim Idemitsu Honda Team Asia.

Ia mengungkapkan, tidak ada pebalap yang melewati harinya tanpa latihan fisik, meski bentuk yang dilakukan dapat beraneka ragam untuk melatih tiga hal, yakni endurance, strength, dan kelincahan.

"Idealnya seperti pengalaman di MotoGP, lima sampai enam hari itu full latihan fisik, contohnya kita butuh endurance di atas motor supaya oksigen bisa naik cepat dan berpikir cepat, strength, kelincahan juga kita butuh," kata Dimas.

Lanjut dia, tidak hanya latihan fisik aerobik seperti sepeda, lari, atau gym. Latihan di atas motor seperti d'track satau supermoto juga perlu dilakukan. Kadang, latihan di sirkuit yang lebih kecil juga dilakukan agar lebih mudah mengendalikan motor balap Moto2.

"Atau seperti motor 250 di sirkuit karting yang lebih kecil supaya ketika kita pindah ke sirkuit yang lebih ringan kita bisa pegang motor lebih ringan dan kondisi fisik stamina lebih di atas," ujarnya.

Menjinakkan sepeda motor Moto2 bukan hal yang pertama bagi Dimas. Dia sudah pernah mencicipi atmosfer ketat balapan ajang ini beberapa kali.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews