Penerimaan CPNS: Pemerintah Pertimbangkan Sistem Ranking

Penerimaan CPNS: Pemerintah Pertimbangkan Sistem Ranking

Ilustrasi.

Jakarta - Pemerintah kini sedang mencari alternatif untuk mendapatkan peserta sejumlah 3 kali formasi dalam SKD dan untuk mengisi kekosongan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Hal itu untuk mempertimbangkan sulit peserta seleksi CPNS lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), khususnya untuk materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

“Alternatif tersebut mungkin tidak dengan menurunkan Passing Grade karena Passing Grade tersebut sudah batas minimum. Namun kemungkinan alternatif lain adalah dengan sistem ranking, karena banyak peserta yang mendapatkan nilai tinggi dalam materi lain tetapi tidak memenuhi Passing Grade salah satu item SKD,” kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana sebagaimana dikutip dari situs www.bkn.go.id.

Menurut Bima, penggunaan sistem ranking tersebut bisa dijadikan alternatif untuk memenuhi formasi terutama untuk formasi bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Bima menjelaskan kepada bahwa soal TKP dibuat untuk mengetahui respons peserta atas sebuah kejadian atau masalah di masa depan. 

“Karena memang target rekrutmen tahun ini adalah menjaring mereka yang siap menghadapi tantangan birokrasi pada 20-30 tahun mendatang,” ujar dia.

Namun diakui Bima, jika materi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) saat ini merupakan salah satu materi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menjadi pembicaraan hangat dalam SKD CPNS 2018.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya pendapat sejumlah peserta SKD yang menilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terbilang cukup sulit dengan nilai ambang batas yang sangat tinggi, sehingga banyak peserta tidak lulus.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews