Kenapa Data Paspor Warga Batam Mencurigakan

Kenapa Data Paspor Warga Batam Mencurigakan

Jumlah penduduk di Batam membingungkan. Data satu instansi dengan instansi lainnya tak cocok. Terutama data pemilik paspor.

Di Dinas Pendudukan Kota Batam tercatat data penduduk saat ini mencapai 1.164.352 pada November 2014. Jutaan penduduk itu tersebar di 12 kecamatan. 

Jumlah keseluruhan penduduk Kota Batam tersebut sepertinya memang valid – apalagi sudah ditandatangan pejabat berwenang dan diunggah di situs resmi pemerintahan. Hanya saja saya agak bertanya-tanya terkait rincian data yang juga ditampilkan pada file tersebut.

Sekedar informasi, selain menampilkan jumlah penduduk keseluruhan, pada berkas tersebut juga ditampilkan data penduduk Kota Batam yang memiliki passport dan yang belum memiliki passport. Data inilah yang menurut saya agak tidak masuk akal. Mengapa demikian? Silakan lihat langsung di link berikut http://skpd.batamkota.go.id/kependudukan/data-kependudukan/2014-2/.

Pada berkas tersebut disebutkan bahwa penduduk di Kelurahan Sekanak Raya, Kecamatan Belakang Padang yang memiliki passport hanya satu orang. Padahal saya dan suami terdaftar sebagai penduduk di kelurahan tersebut dan masing-masing dari kami memiliki passport. Seharusnya, setidaknya ada dua orang yang memiliki passport di kelurahan tersebut 

Bila dirunut, sebenarnya ada banyak warga Sekanak Raya yang memiliki passport. Keluarga besar suami tinggal di kelurahan tersebut dan sebagian besar dari mereka memiliki passport. Beberapa dari mereka terkadang bahkan berobat di Singapura dan Malaysia bila diperlukan. Sesekali mereka juga berkunjung ke beberapa kerabat yang tinggal di dua negara itu.

Kemudian, warga Kelurahan Tiban Baru, pada berkas tersebut ditampilkan bahwa kelurahan yang masuk Kecamatan Sekupang tersebut hanya memiliki enam orang warga yang memiliki passport. Padahal menurut teman kerja saya yang satu ruangan, ia dan keluarganya saja sudah ada empat orang yang memiliki passport di kelurahan tersebut, belum lagi tetangganya yang lain.

 

Baca selanjutnya: http://regional.kompasiana.com/2014/12/23/meragukan-data-jumlah-kepemilikan-passport-kota-batam-698500.html

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews