Foto di Kapal Perang Rusia Ini Membuat Turki Murka

Foto di Kapal Perang Rusia Ini Membuat Turki Murka

Aksi membidikkan peluncur roket di atas kapal perang Rusia pembuat Turki meradang. (foto: ist/Twitter)


BATAMNEWS.CO.ID, Ankara - Sebuah foto yang diunggah wartawan media Turki membuat pemerintah Turki meradang. Foto itu adalah aksi tentara Rusia membidikkan peluncur roket di atas kapal perang Cesar Kunikov yang bergerak di selat Bosphorus, di dekat Istanbul.

Foto itu diambil oleh fotografer bernama Emre Dagdeviren yang diunggah di di akun Twitter-nya. Tentara pengusung peluncur roket itu dalam posisi siap menembak.

Aksi tentara dan gerakan kapal perang Kremlin di dekat Istanbul pada Minggu (6/12/2015) telah membuat Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, meradang. "Ini adalah provokasi, ini adalah bagian yang melecehkan," kata Cavusoglu.
 
"Pelanggaran pesawat tempur Rusia terhadap wilayah udara kita dan gerakan kapal perang Rusia melalui selat Bosphorus adalah dua hal yang sangat berbeda," ujarnya mengacu pada Konvensi Montreux mengenai penggunaan selat Bosphorus dan selat Dardanella.
 
"Dalih-dalih itu harus dilakukan sesuai dengan kesepakatan internasional, apakah itu sebuah kapal Rusia atau dari negara lain, aturan telah lama ditentukan," lanjut Cavusoglu.

"Jawaban yang diperlukan akan diberikan dalam situasi yang dianggap menjadi ancaman," kata Cavusoglu seperti dikutip Hurriyet Daily News.
 
Pemerintah Rusia hingga hari ini (7/12/2015) belum memberikan respons atas kemarahan Turki terkait manuver tentaranya di kapal perang Caesar Kunikov. Turki dan Rusia mulai bersitegang setelah pesawat tempur F-16 Turki menembak jatuh pesawat jet pembom Su-24 Rusia di perbatasan Suriah-Turki.
 
(ind/sindo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews