Pesawat Asing Beberapa Kali Mendarat Darurat di Hang Nadim

Pesawat Asing Beberapa Kali Mendarat Darurat di Hang Nadim

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso. (Foto: Yogi/Batamnews)

Batam - Akibat cuaca yang tidak menentu, Bandara International Hang Nadim Batam, Provinsi Kepri disiapkan menjadi tempat mendarat darurat pesawat asing.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim, Suwarso mengatakan, beberapa hari yang lalu landing pesawat  bernama Cebu Pacifik Air Bus A330 dari Philipina.  "Itu mereka hendak menuju Singapura, karena ganguan mereka mendarat disini," katanya.

Ia melanjutkan, cuaca yang tidak menentu terjadi sejak dua bulan yang lalu. "Bulan lalu itu sekitar 2 pesawat asing yang mendarat disini," katanya.

Sedangkan dampak cuaca terhadap operasional Bandara Hang Nadim sendiri, lanjut Suwarso, hanya kepada proses landing.  "Jadi kalau landing cuaca kurang bagus, bisa tidak jadi," katanya.

Namun, sekelas Bandara Hang Nadim sudah memiliki alat bantu Instrumen Landing System (ILS) yaitu lampu yang berada di jalur pesawat landing.

"Jadi kalau cuaca buruk, dan membuat penglihatan hanya beberapa meter lampu itu yabg akan mengarahkan pilot untuk tetap berada tetap di jalur," katanya kepada Batamnews.co.id.

Ia mengatakan, hanya beberapa bandara yang memiliki alat tersebut terutama bandara kelas 2 ke atas. "Jadi alhamdulillah cuaca yang sering tak menentu, kondisi bandara kita masih normal," katanya.

Beberapa minggu terakhir cuaca di Provinai Kepri tak menentu. Kadang kemarau, tiba-tiba hujan serta petir.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews