Ini 5 Kebiasaan Makan yang Indonesia Banget

Ini 5 Kebiasaan Makan yang Indonesia Banget

Saus Cabai (Foto: Kumparan.com/Dok. Thinkstock)

Batam - Tepat pada hari ini, 16 Oktober diperigati sebagai Hari Pangan Sedunia, sekaligus juga merupakan tanggal didirikannya Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, pada tahun 1945.

Bicara mengenai hal itu, di Indonesia sendiri, dengan ragam sajian khas yang gurih dan kaya rasa membuat kuliner Indonesia dikenal hingga ke luar negeri. Bahkan, beberapa makanan populer Tanah Air seperti rendang dan nasi goreng telah beberapa kali dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi media internasional.

Namun tak hanya makanannya saja yang khas dan penuh ragam, ternyata kebiasaan makan orang Indonesia bisa dibilang unik, lho. Meski sering dianggap aneh oleh turis mancanegara, tradisi dan kebiasaan makan yang 'Indonesia banget' ini tak lantas hilang meski berada di tengah gempuran modernisasi. Bahkan, menjadi ciri khas yang selalu lekat dengan orang Indonesia. 

Salah satunya adalah bancakan, yakni tradisi khas masyarakat Jawa Barat yang dilakukan dengan cara menyajikan aneka lauk di atas daun pisang kemudian menyantapnya beramai-ramai. Selain itu, masih ada banyak lagi kebiasaan makan yang pastinya Indonesia banget. Apa saja? Yuk, intip di bawah ini!

1. Makan menggunakan tangan

Bagi orang Indonesia, menyantap makanan secara langsung menggunakan tangan merupakan hal yang biasa dilakukan, bahkan di perkotaan sekalipun. Cara makan yang dianggap kurang higienis bagi sebagian besar orang-orang dari luar negeri ini diyakini bisa membuat sajian semakin sedap disantap. 

Biasanya cara ini digunakan untuk menyantap sajian yang tak berkuah banyak, seperti hidangan nasi padang dan nasi rames khas warteg. Selain itu, tradisi bancakan khas Jawa Barat juga dilakukan dengan cara mengambil dan menyantap langsung aneka hidangan yang tersedia menggunakan tangan. 

2. Nasi adalah makanan wajib

Sebagai negara agraris, produksi beras di Indonesia terbilang cukup melimpah. Jadi jangan heran, sebagian besar orang Indonesia masih memiliki pola pikir 'belum makan kalau belum makan nasi', meskipun telah menyantap sajian berat lainnya seperti pasta, sereal, atau roti.

Nasi wajib disajikan dalam setiap waktu santap makan, baik saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Selain disajikan dengan aneka lauk pendamping, nasi juga sering diolah menjadi hidangan lain seperti nasi goreng, lemper, atau bubur. 

3. Menyantap mi instan dengan nasi

Siapa di antara kalian yang sering melakukan kebiasaan makan mi instan dengan nasi putih? Menyantap mi instan dengan nasi putih merupakan hal yang lumrah dilakukan di Indonesia, terutama oleh para anak kost yang sedang merantau dan jauh dari keluarga.

Dengan menambahkan sepiring nasi putih, porsi mi instan yang sedikit akan terasa lebih mengenyangkan. Meski begitu, ternyata kebiasaan ini bisa berdampak kurang baik bagi tubuh bila dilakukan terlalu sering, lho. Hal ini karena nasi dan mi instan sama-sama mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi sehingga bisa menyebabkan obesitas. 

4. Makan secara Lesehan

Selain kebiasaan makan dengan tangan, menyantap makanan sambil lesehan juga sering dilakukan oleh orang Indonesia. Berbeda dengan menyantap makanan di meja yang terkesan formal dan kaku, lesehan dianggap lebih santai dan bisa menghangatkan suasana makan.

Kebiasaan makan di lantai beralaskan tikar ini sering dilakukan saat berkumpul beramai-ramai dengan keluarga atau orang terdekat. Selain itu, kini juga sudah banyak tempat makan yang menggunakan sistem lesehan, salah satunya adalah angkringan di Yogyakarta. 

5. Saus sambal sebagai penyelamat makanan

Saus sambal merupakan salah satu condiment atau pelengkap makanan yang wajib tersedia di meja makan. Tak jarang pula, banyak orang Indonesia yang selalu membawa persediaan saus sambal saat bepergian ke luar negeri. 

Saus sambal biasanya digunakan untuk menambah rasa pada sajian yang dirasa kurang kuat cita rasanya. Hal inilah yang membuat saus ini sering digunakan sebagai penyelamat makanan. 

Nah, mana kebiasaan makan yang sering kamu lakukan? 

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews