Rudi Optimistis Angka Wisman 2018 Tembus 2 Juta Kunjungan

Rudi Optimistis Angka Wisman 2018 Tembus 2 Juta Kunjungan

Ajang Kenduri Seni Melayu diharap bisa mendongkrak wisatawan mancanegara datang ke Batam.

Batam - Pemerintah Kota Batam optimistis angka wisatawan mancanegara (wisman) di 2018 ini akan tembus 2 juta kunjungan. Saat ini kunjungan wisman pada semester I sudah mencapai 1,044 juta kunjungan.

"Kalau angka yang sama bisa kita raih di semester II, artinya kunjungan wisman di 2018 ini capai 2,088 juta. Naik sekitar 25 persen," ujar Wali Kota Batam, HM Rudi, Selasa (16/10/2018).

Sedangkan pada tahun 2017, angka wisman yang datang ke Batam sebanyak 1.504.275 kunjungan. Dari angka tersebut, sekitar 72 persen disumbangkan dari kota Batam untuk angka wisman Kepri.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata mengatakan bahwa sesuai tren, kunjungan wisman itu lebih banyak pada akhir tahun.

"Biasa di tiga bulan terakhir tinggi. Kadang dari Agustus juga sudah ramai. Karena ada public holiday (libur nasional) dan pergantian tahun," ujar Ardi.

Selain itu juga didukung dari agenda pariwisata yang diadakan pada akhir tahun. Terdiri dari agenda Kementerian Pariwisata, pemerintah daerah, maupun non-pemerintahan.

"Kementerian Pariwisata mengadakan beberapa event cross-border di akhir tahun nanti. Seperti di awal Desember akan diadakan konser musik. Lalu pertemuan Marga Huang juga digelar di Batam. Dan akan ada turnamen Pinky Golf," kata dia.

Untuk agenda Pemko Batam akan menggelar Kenduri Seni Melayu di awal November, dan Kenduri Akhir Tahun saat malam tahun baru. Serta agenda Festival Tari Agogo, tari 60'an yang khas dari Melayu serumpun.

Untuk agenda non pemerintah seperti Heaven in Batam dan Sri Lalitha Festival and Awards.

“Kegiatan ini dilaksanakan oleh keluarga Hindu India di Batam, dan kegiatannya berupa kompetisi tarian tradisional India, turnamen kriket, badminton dan golf. Diperkirakan akan mendatangnya 500 orang wisman nantinya di bulan Desember,” katanya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews