Bulan Ini, Karimun Ekspor Perdana 25 Ton Nanas ke Singapura

Bulan Ini, Karimun Ekspor Perdana 25 Ton Nanas ke Singapura

Ilustrasi.

Karimun - Hasil pertanian Kabupaten Karimun mulai merambah pasar internasional. Salah satu komoditas hasil bumi yang akan diekspor adalah nanas.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq mengatakan nanas tersebut merupakan produksi petani di Pulau Kundur dan dijadwalkan pada 20 Oktober ini akan diekspor ke Singapura.

"Ekspor nanas tanggal 20 Insya Allah. Mudah-mudahan sampai hari H tidak ada perubahan," kata Rafiq, Selasa (16/10/2018).

Dikarenakan ekspor pertama, merupakan penjajakan, komoditas yang dijual tidak terlalu banyak dan seremoninya bersifat lokal. Eksportir juga akan melihat respons pasar di Singapura.

"Kita secara lokal dulu. Gaungnya, kita tidak sampai undang menteri dulu. Kita khawatir, baru pertama gaungnya saja yang besar," ujarnya.

Meskipun demikian, karena kualitas hasil pertanian serta proses yang sudah ditempuh selama ini dalam mengupayakan eskpor, Rafiq merasa optimis Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun dapat melakukannya dengan baik dan lancar.

"Jika sudah lancar dan rutin satu atau dua kali baru kita undang menteri. Kita juga menjaga image, jangan sampai baru mulai sudah dibesar-besarkan. Namun meski demikian kita optimis," kata dia.

Untuk awal, nanas yang akan diekspor sebanyak 25 ton. Setelah ekspor perdana itu, rencananya jumlah buah yang dikirim ke luar negeri akan ditambah secara bertahap.

"Walaupun sedikit kita inginkan rutin. Itu yang kita harapkan," ujarnya.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews