Paspor Jepang Paling Sakti di Dunia, Apa Keistimewaannya?

Paspor Jepang Paling Sakti di Dunia, Apa Keistimewaannya?

Paspor Jepang. (Foto: Japan Times)


Batam - Paspor merupakan identitas yang harus dimiliki seseorang agar bisa masuk ke negara lain. Namun demikian, tidak semua negara paspornya bisa memiliki keistimewaan.

Pemegang paspor Jepang kini boleh tersenyum bangga. Pemegang paspor Negara Matahari Terbit itu bisa menikmati akses bebas visa atau visa on arrival di 190 negara.

Jepang menggeser posisi Singapura yang 'hanya' bisa menikmati bebas visa di 189 negara. Sementara pemegang paspor Jerman, Korea Selatan dan Prancis berhak mendapatkan bebas visa di 188 negara.

Di bawahnya ada Denmark, Finlandia, Italia, Swedia dan Spanyol yang paspornya bisa memperoleh bebas visa di 817 negara tujuan.

Laporan Henley Passport Index 2018 ini juga merilis Amerika Serikat dan Inggris yang para pemegang paspornya bisa mengakses bebas visa di 186 negara.

"Aktivitas visa keluar yang stagnan dibandingkan dengan Asia yang berkinerja tinggi, tampaknya tidak mungkin mereka akan mendapatkan kembali peringkat 1 bersama dalam waktu dekat yang diraih AS dan Inggris pada tahun 2015", demikian rilis pers Henley.   

Indonesia berada di posisi 72 tahun ini dengan 73 negara tujuan yang tidak memerlukan visa atau hanya visa on arrival.

Irak dan Afghanistan terus berada di posisi buncit (106) dengan 30 negara tujuan bebas visa.

Henley Passport Index 2018 yang memperoleh data eksklusif dari IATA, asosiasi internasional transportasi udara riset in-house.

Dalam daftar peringkat lainnya yang dirilis Oktober tahun lalu oleh perusahaan penasehat keuangan global Arton Capital, Singapura yang dinyatakan sebagai paspor paling sakti di dunia.

(dod)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews