BMW Hibahkan 100 Hektare Lahan Untuk 400 KK di Bintan

BMW Hibahkan 100 Hektare Lahan Untuk 400 KK di Bintan

Bupati Bintan, Apri Sujadi menandatangani MoU penyerahan lahan seluas 100 Ha dengan Direktur PT BMW, Jeffry Ibrahim. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - PT Buana Mega Wisatama (BMW) telah menyerahkan lahannya seluas 100 Hektare (Ha) kepada 400 Kepala Keluarga (KK) atau 1.200 warga di Kampung Sumpat, Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

Penyerahan lahan ini dilakukan melalui penandatanganan perjanjian kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Nomer 037/BMW-LGL/IX/tertanggal 10 September 2018 oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dan Direktur PT BMW, Jeffry Ibrahim di Halaman Kantor Desa Pengudang, Senin (8/10/2018).

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku kerja kerasnya dalam membebaskan lahan PT BMW untuk masyarakat di Desa Pengudang telah tercapai. Selanjutnya, dirinya akan berkomitmen untuk memulai pembangunan segala infrastruktur di desa tersebut.

"Selama ini semua pihak sangat kesulitan dalam melakukan pembangunan di Desa Pengudang. Penyebabnya status lahan yang masih dimiliki PT BMW, tetapi mulai hari ini status lahan sudah resmi dimiliki masyarakat dan sudah bisa dilaksanakan pembangunan di atas lahan 100 Ha tersebut," ujar Apri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bintan, Ronny Kartika mengatakan penyerahan lahan resettlement pemukiman dari PT BMW kepada masyarakat Desa Pengudang telah resmi. Sehingga Pemerintah Desa sudah bisa memulai membangunan sarana prasarana yang diperlukan masyarakat.

"Beberapa bantuan program desa akan bisa dijalankan dan dimanfaatkan karena status lahannya sudah resmi milik masyarakat," katanya.

Dengan status lahan yang sudah dimiliki masyarakat. Maka akan ada banyak program pemerintah yang bisa dijalankan. Mulai dari fasilitas umum yang dialokasikan melalui Dana Desa (DD) maupun pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Kita jalankan koordinasi ke Dinas Sosial Bintan bagi pembangunan RTLH di Desa Pengudang," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews