Sempat Mendadak Pingsan, Ternyata Al Ghazali Idap Penyakit Ini

Sempat Mendadak Pingsan, Ternyata Al Ghazali Idap Penyakit Ini

Al Ghazali

Jakarta - Musisi Ahmad Dhani bercerita tentang tragedi pingsannya Al Ghazali di jalanan kawasan Condet, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu. Ternyata Al Ghazali mengidap penyakit EMM (Erythema Multiforme) penyakit keracunan obat yang dampaknya pada kulit, bisa bibir hingga kelamin.

Hal itu diketahui Ahmad Dhani, usai putra sulungnya diperiksa oleh dokter. Terungkap fakta bahwa sebelum pingsan, Al Ghazali baru saja mengonsumsi obat anti mabuk (antimo) sebanyak lima butir.

"Al itu kena penyakit yang sama sepertis saya yaitu EMM (Erythema multiforme) major apa minor. Ada beberapa obat yang tidak bisa dikonsumsi seperti saya. Ini kejadiannya 1 dari 1500 laki berpenyakit ini, ternyata Al sama kayak saya," ucap Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (24/9/2018).

Menurut pentolan Dewa 19 itu, penyakit ini jika tak hati-hati bisa berimbas kepada gejala selanjutnya yaitu Steven Johnson Syndrome. Sebuah penyakit kulit yang disebabkan oleh alergi atau infeksi, sindrom ini dianggap sebagai hipersensitivitas kompleks yang memengaruhi kulit dan selaput lendir.

"Kalau Al tidak hati-hati memperhatikan obat-obat yang dikonsumsinya, ya bisa berefek seperti saya. Kalau saya kan nggak bisa minum obat asam urat saya tersiksa kalau kena asam urat, karena nggak bisa minum obat asam urat. Jadi, kalau sakit asam urat, saya hanya bisa diet gitu. Saya nggak bisa minum obatnya karena alergi," kata Ahmad Dhani.

Suami Mulan Jameela itu menambahkan bahwa penyakit EMM itu berpengaruh pada garis turunan. Pasalnya, sejauh ini di keluarga besarnya hanya dirinya dan Al Ghazali yang mengidap penyakit itu.

"Cuma saya dan Al, terus Al kan generasi kedua. Sepertinya turunan," tutur Ahmad Dhani.

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan Al Ghazali sedang dibopong warga di kawasan Condet, Jakarta Timur. Saat itu Al Ghazali dikabarkan baru saja mengalami kecelakaan.

Dugaan itu kemudian dipatahkan oleh pihak kepolisian yang menyatakan bahwa Al Ghazali hanya pingsan dan tak terlibat kecelakaan dalam bentuk apapun.

(pkd)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews