Air ATB Stop Mengalir 5 Jam di Hari Minggu

Air ATB Stop Mengalir 5 Jam di Hari Minggu

IPA Duriangkang (Foto: Dok. ATB)

Batam - Suplai air ATB ke pelanggan di Batam bakal terganggu pada hari Minggu, 23 September 2018. Terhentinya suplai air bersih ini dimulai pada malam hari, pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB.

Pihak ATB beralasan gangguan itu bersifat sementara karena proses pemeliharaan infrastruktur utama diantaranya trafo intake serta perbaikan valve di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Duriangkang, Tanjungpiayu, Batam.

IPA Duriangkang cukup vital. Menyuplai air bersih kepada 70 persen warga Batam.  

"Selama pekerjaan berlangsung suplai dari IPA Duriangkang akan terhenti sementara waktu atau selama pekerjaan berlangsung," ujar Maria Jacobus Head of Corporate Secretary ATB Jumat (21/9)

Pemeliharaan yang di lakukan tim ATB bersifat rutin, hal ini sebagai upaya agar dapat selalu meningkatkan kuantitas, kualitas dan kontinuitas pelayanan. Terdapat dua pekerjaan yang akan dilakukan, yakni penggantian trafo intake dan perbaikan Valve DN 600mm.

Intake merupakan konstruksi yang berguna untuk mengambil air dari waduk untuk dialirkan ke area pengolahan. Intake memiliki trafo yang perlu mendapatkan perawatan secara berkala agar tetap handal.  

"Trafo tersebut sudah waktunya diganti, selain karena faktor usia, performa trafo sudah tidak handal lagi dan mulai menurun. Fungsi trafo intake ini sangat penting untuk dijaga karena merupakan sumber utama daya listrik untuk mengambil air baku," lanjut Maria.

Meski area produksi di IPA Duriangkang berhenti beroperasi sementara waktu, namun dampak ke pelanggan cukup besar. Mengingat IPA dengan kapasitas produksi paling besar di Batam sebesar 2200 liter per detik, akan mengurangi produksi selama pekerjaan berlangsung.

Namun untuk pengaturan suplai dari tim distribusi tetap jadi prioritas utama. Sejumlah persiapan rekayasa aliran suplai sudah dipersiapkan guna meminimalisir terhenti lamanya suplai air selama pekerjaan.   

"Sejumlah persiapan sudah dilakukan, mulai dari tim project dan tim distribusi sudah siap. Jadi saat pekerjaan dilakukan bisa berjalan dengan cepat. Termasuk untuk pemulihan setelah pekerjaan diupayakan bisa lebih cepat," jelas Maria.

Baca juga: Emak-emak Ikut Bongkar Permainan Mafia BBM Bersubsidi di Batam

Dampak dari pemeliharaan pekerjaan di IPA Duriangkang diantaranya Area Barelang, Kav Lama, Kav Bahagia, Area Sagulung Baru, Area Tanjung Uncang, Area Marina, Kav Senjulung, Kav Danau Indah, Industri Taiwan, Batu Besar, Taman Raya, Area Bandara, Area Batam Center, Area Kabil, Area Punggur, Area Sukajadi, Area Batu Ampar, Area Bengkong dan Sei Panas, Area Nagoya dan Jodoh, Area Seraya, Area Baloi dan sekitarnya 

"Pelanggan yang berada diwilayah yang terdampak diatas bisa mempersiapkan tampungan air untuk sementara waktu, karena untuk pemulihan suplai air usai pekerjaan ke wilayah pelanggan berbeda-beda. Pelanggan yang terdekat dari IPA Duriangkang akan lebih dulu mendapatkan suplai, begitu juga pelanggan yang berada diujung pipa dan berada di elevasi tinggi membutuhkan waktu untuk mendapatkan suplai air," ujar Maria.

Untuk pelanggan yang ingin mendapatkan informasi seputar pekerjaan atau informasi tentang ATB, bisa memanfaatkan layanan call centre ATB di 0778-467111 atau bisa berinteraksi melalui layanan sosial media ATB difanpage facebook ATB Batam atau melalui website www.atbbatam.com.

(snw) 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews