Ini Dia DIY Pembersih Makeup untuk Wanita Sibuk

Ini Dia DIY Pembersih Makeup untuk Wanita Sibuk

Ilustrasi

Jakarta - Membersihkan wajah dari makeup merupakan rutinitas yang harus dilakukan untuk menjaga kebersihan serta menghindari masalah pada kulit wajah. Setiap harinya makeup, kotoran, minyak, dan debu yang menempel di wajah sudah seharusnya dibersihkan setiap kali selesai beraktivitas atau akan beristirahat pada malam hari.

Jika kamu tidak membersihkan wajah secara rutin dan masih meninggalkan sisa makeup di wajah, tentunya akan mengakibatkan kulit tidak bisa bernafas dan tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri saat kita tidur. Jadi usahakan untuk mencuci wajah sebersih mungkin ya, Ladies.

Dilansir dari sheknows.com, inilah beberapa resep mudah untuk membuat pembersih makeup sendiri di rumah.

1. Tisu pembersih makeup

Sebenarnya tisu pembersih makeup tidak dianjurkan untuk memakainya setiap hari, namun terdapat pengecualian jika kamu sudah merasa lelah dan tidak punya banyak waktu untuk membersihkan makeup maka cara ini bisa kamu lakukan. Fungsi menggunakan tisu ini adalah untuk membantu wajahmu agar tetap bersih meskipun telah banyak beraktivitas padat sepanjang hari.

Salah satu bahan yang bisa kamu pakai adalah minyak kelapa yang cocok untuk semua jenis kulit. Fungsi dari minyak kelapa ini adalah untuk melembapkan kulit, memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur.

Untuk cara pembuatannya, terlebih dahulu siapkan bahan yang diperlukan seperti gulungan tisu kertas, gunting, satu plastik bersih, wadah yang dapat ditutup, dua sendok makan minyak kelapa, dua gelas air, satu sampai dua tetes sabun muka dengan tekstur cair, dan pita dekoratif. Cara membuatnya potong tisu kertas menjadi dua bagian menggunakan gunting, tepat di bagian tengahnya.

Lalu, tambahkan air, minyak kelapa, dan sabun muka ke dalam mangkuk. Kemudian letakkan ke dalam microwave selama 20 detik. Setelah selesai, kocok bahan hingga tercampur rata.

Kemudian, isi wadah yang telah disiapkan dengan setengah campuran, lalu tempatkan tisu kertas ke dalam wadah, dan sesuaikan ukurannya agar mudah diambil. Setelah itu, tutup wadah lalu balikkan tisu agar cairan menyerap ke dalam tisu seluruhnya.

Setelah seluruh tisu menyerap, tuangkan lebih banyak campuran ke dalam wadah. Kamu bisa menyimpannya pada suhu ruangan atau di tempat yang kering.

2. Cairan pembersih makeup

Hanya dengan dua bahan, kamu sudah bisa mendapatkan cairan pembersih makeup tanpa harus mengeluarkan budget yang lebih. Salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk cairan pembersih makeup adalah minyak jojoba yang dihasilkan dari benih semak belukar dari gurun, berwarna emas, dan tidak beraroma, serta memiliki sifat pelembap yang tinggi.

Minyak jojoba ini bersifat antibakteri, anti-inflamasi, dan tidak akan menyumbat pori-pori meskipun memiliki kelembapan yang tinggi. Hal ini dikarenakan minyak Jojoba bisa cocok untuk semua jenis kulit baik yang berminyak maupun kering.

Selain itu, bahan lain yang mudah didapatkan adalah yang mengandung vitamin E karena memiliki kelembapan dan sifat antioksidan yang sangat bagus untuk kulit. Bahan yang diperlukan adalah seperempat cangkir minyak jojoba, satu kapsul vitamin E, wadah kaca gelap, dan bola kapas.

Tahap pertama yaitu tambahkan minyak jojoba ke dalam wadah kaca, buka kapsul vitamin E, dan campurkan seluruhnya. Lalu setelah dikocok, basahi bola kapas dengan campuran tersebut dan usapkan pada wajah terutama untuk menghilangkan makeup pada daerah mata yang sulit dibersihkan.

Setelah terasa bersih, bilas dengan air hangat terlebih dahulu dan lanjutkan ke tahap selanjutnya untuk pembersihan wajah lainnya.

Sekarang tak perlu repot untuk mencari pembersih makeup yang belum tentu cocok untuk jenis kulit, dengan bahan alami yang terdapat di rumah ini bisa kalian manfaatkan sebaik mungkin. Selamat mencoba!

(pkd)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews