5 Hal untuk Berjaga-jaga Jika Ponsel Dicuri

5 Hal untuk Berjaga-jaga Jika Ponsel Dicuri

Illustrasi pengguna smartphone. (Foto : tekno.rakyatku.com)

KEHILANGAN smartphone bisa jadi mimpi buruk bagi siapa pun. Entah karena tertinggal di suatu tempat, atau pun dicuri. 

Saat hal itu terjadi, bukan hanya menyebabkan komunikasi yang terkendala, tapi seringkali data-data penting juga ikut raib. 

Karenanya, ibarat sedia payung sebelum hujan, tak ada salahnya jika kita mempraktikkan beberapa langkah keamanan ponsel berikut ini, seperti dilansir dari laman Wired, Senin, 10 September 2018

1. Aktifkan mode tracking

Baik ponsel Android dan iPhone dibuat dengan tool untuk bisa dilacak dari web ataupun perangkat lain. 

Dalam Android dinamakan Find My Device yang bisa ditemukan pada Security & Location di fitur Settings. 

Sedangkan iPhone ada di Find My iPhone dan bisa diaktifkan dengan masuk ke Setting, ketik nama pengguna lalu iPhone. Dengan keduanya, data dalam ponsel bisa terlindungi.

Pengguna dapat melacak ponselnya dari perangkat Android lain dengan sign in akun Google yang sama. Pada iPhone juga bisa dilakukan jika menggunakan akun Apple yang sama. 

Dengan akun Google atau iCloud, pengguna juga bisa melacak lokasi terakhir melalui website.  

2. Lock screen

Dalam ponsel, pengguna biasanya sign in akun media sosial, ecommerce, hingga e-mail. Langkah pengamanan sebelum seseorang bisa mengaksesnya adalah lock screen alias kunci layar.

Itulah mengapa kebutuhan menggunakan lock screen sangat berguna, baik itu berupa PIN, pattern, fingerprint ataupun mode pengenalan wajah. 

Pada Android, lock screen bisa ditemukan di Security & Location. Sedangkan pengguna iOS bisa terdapat di Setting dalam Face ID & Passcode atau Tocuh ID & Passcode

3. Back up data

Pengguna juga bisa mempersiapkan diri dengan mem-back up data dari ponselnya sebelum terjadi sesuatu yang buruk dengan perangkatnya. 

Pengguna Android bisa mengaktifkannya pada Setting lalu masuk di System, Advanced, dan Backup. Sedangkan iOS, ada di Settings lalu klik nama pengguna dan perangkatnya dan iCloud Backup

Untuk otomatis upload foto dan video dari perangkat bisa menggunakan aplikasi seperti Dropbox dan OneDrive. Pengguna juga bisa gunakan Google Photos atau iCloud Photos

4. Tindakan lainnya

Asuransi menjadi salah satu jalan persiapan jika ponsel hilang. Kebanyakan perusahaan asuransi akan menanggung kehilangan, pencurian, serta kerusakan tidak sengaja dengan biaya bulanan yang lebih rendah tergantung ponselnya. 

Untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan ponsel kembali, pengguna bisa meninggalkan pesan pada lock screen, termasuk alamat email atau nomor telepon alternatif.

Hal ini bisa dilakukan dengan pilih Security & Location lalu klik Screen Lock dan masuk ke Lock screen message pada pengguna Android. Sedangkan pada aplikasi iOS Health tinggal tekan Medical ID

Menggunakan fitur two-factor authentication juga bisa menjadi pilihan. Jika pilihan mengirimkan SMS menjadi rumit bisa dengan menyiapkan pilihan akses alternatif.

Misalnya untuk akun Google bisa mendapatkan daftar kode cadangan jika menggunakan fitur ini atau mengatur nomor cadangan lainnya. 

5. Hubungi operator dan polisi

Jika ponsel dicuri, pertama kali yang harus dilakukan adalah menelepon operator untuk mengunci kartu SIM. Ini mencegah orang lain menggunakan tagihan SMS atau pulsa panggilan dan mencoba untuk meniru identitas dengan menggunakan nomor telepon. 

Pengguna juga bisa menghubungi polisi setempat. Kemungkinan ditemukan lebih besar daripada polisi tidak tahu adanya pencurian ponsel.

(aiy)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews