Cari Kerja Dekat Rumah, Orang Tua di Singapura Cukup Kirim SMS

Cari Kerja Dekat Rumah, Orang Tua di Singapura Cukup Kirim SMS

Peluncuran aplikasi pencari kerja (Foto: Straitstimes/Song Tao)

Singapura - Penduduk Radin Mas Singapura yang berminat bekerja paruh waktu, kontrak dan pekerjaan penuh waktu di lingkungannya, sekarang bisa mengajukan lamaran hanya melalui Short Message Service (SMS).

Mobile job portal FastJobs meluncurkan konter pertamanya di Radin Mas Community Club kemarin, sebagai bagian dari upaya untuk menghubungkan pekerja yang lebih tua, dengan peluang kerja di dekat rumah mereka.

Untuk menggunakan kios, penduduk memilih pekerjaan yang mereka minati, mengirim pesan teks ke nomor ponsel yang disediakan, dan menjawab pertanyaan dari majikan yang dikirim oleh bot SMS. Pengusaha kemudian dapat menghubungi pelamar secara langsung.

Ada rencana untuk memperluas jaringan kios - dibangun dengan antarmuka pengguna yang sederhana untuk melayani penduduk yang lebih tua - ke lebih banyak klub komunitas, sekolah kejuruan, mal dan sudut-sudut warga, kata direktur pengembangan bisnis regional perusahaan itu, Joelle Pang.

"Kios-kios itu juga akan tersedia dalam lebih banyak bahasa dari waktu ke waktu," ujarnya.

Tetapi untuk memulai, kios percontohan akan menawarkan peluang kerja seperti asisten ritel dan posisi asosiasi layanan pelanggan dari 10 perusahaan di dan sekitar lingkungan Radin Mas, termasuk Cheers, KFC, dan Sasa.

"Cocok untuk pekerja yang lebih tua, akan ditambahkan di masa depan," kata Pang.

FastJobs, Startup Singapore Press Holdings, berfokus pada perekrutan tenaga kerja kerah biru dan melihat rata-rata 5.000 pekerjaan diposting sebulan. Aplikasi selulernya telah diunduh lebih dari satu juta kali sejak diluncurkan pada tahun 2015.

FastKiosk diluncurkan pada acara peringatan Hari Nasional yang dihadiri oleh sekitar 500 warga.

Radin Mas, Menteri Negara untuk Urusan Luar Negeri dan Pengembangan Sosial dan Keluarga, mengatakan, pada peluncuran bahwa kemitraan klub komunitas dengan FastJobs adalah bagian dari langkah untuk "memungkinkan masyarakat, terutama para pekerja yang lebih tua, dengan keterampilan literasi digital", sebuah langkah yang sejalan dengan inisiatif Smart Nation Singapura.

Tan mengatakan Radin Mas adalah area yang baik untuk meluncurkan kios karena merupakan lahan yang matang dengan sekitar sepertiga dari penduduknya berusia 50 tahun ke atas, banyak di antaranya mencari pekerjaan transisional atau paruh waktu.

"Semoga platform ini dapat memberikan pengaturan kerja yang fleksibel untuk para lansia yang hanya perlu bekerja paruh waktu, sambil membantu perusahaan lokal untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja," katanya.

Mr Tan Kheng Hoe, yang pada acara kemarin, mengatakan dia akan mempertimbangkan menggunakan kios untuk mencari pekerjaan paruh waktu di layanan pelanggan di mana dia dapat menempatkan kemampuan bahasanya dalam bahasa Inggris, Mandarin, Melayu dan dialek untuk penggunaan yang baik.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews