Wow, Kota Hantu Ini Terjual Seharga Rp 20 Miliar

Wow, Kota Hantu Ini Terjual Seharga Rp 20 Miliar

Kota hantu yang laku terjual Rp 20 miliar (Foto: Istimewa)

Sebuah kota 'hantu' di Amerika Serikat laku terjual. Nilainya cukup fantastis mencapai Rp 20 miliar.

Kota 'hantu' itu bernama Cerro Gerdo. Pada abad ke-19 kota tersebut mulai dikenal sebagai kota 'hantu.' 

Seperti dikutip dari CNN Travel, Cerro Gordo bukanlah kota penuh hantu. Istilah kota hantu dimaksudkan untuk kota-kota yang sudah ditinggalkan penghuninya dengan berbagai alasan.

Cerro Gordo yang berjarak 321 km sebelah utara Los Angeles ini ramai penduduk pada pertengahan abad 19 seiring dibukanya tambang perak dan timah di sana. Pada akhir ke-19, kota ini mulai ditinggalkan penduduknya karena harga perak dan timah jatuh.

Kota Cerro Gordo berdiri di kawasan lereng Pegunungan Inyo seluas 1.200 meter persegi. Hingga kini, kota tersebut masih menyisakan 22 bangunan, mulai dari hotel, gereja hingga museum. Beberapa rumah penduduk juga masih berdiri di sana.

Agen properti, Jake Rasmuson, menjual kota hantu kepada pria Amerika, yaitu Brent Underwood dengan harga US$1,4 juta. Awalnya, kota ini dijual dengan harga US$925 ribu atau sekitar Rp14 miliar.

Karena peminatnya membludak, Rasmuson memutuskan Underwood sebagai pembelinya. Selain menawarkan harga yang menarik, Underwood juga berjanji akan membuat kota ini dibuka untuk umum.

Underwood berencana akan memugar kota ini menjadi destinasi wisata sejarah. Dia juga membaca empat buku sejarah demi bisa memugar kota tersebut. Terlebih dahulu, dia akan membuat tempat penginapan, lalu menyediakan koneksi internet agar turis betah berlama-lama di kota hantu.

"Cerro Gordo adalah bagian nyata dari sejarah Amerika yang tidak mungkin ditiru," kata Underwood.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews