Data Pasien Diretas, Singapura Matikan Internet Rumah Sakit

Data Pasien Diretas, Singapura Matikan Internet Rumah Sakit

ilustrasi (Foto: straitstime/batamnews)

Singapura - Institusi kesehatan SingHealth yang mengelola empat rumah sakit, lima pusat klinik spesialis, dan delapan poliklinik akan menjadi rumah sakit pertama yang diputus jaringan internetnya.

Pasalnya pemerintah Singapura memutus sementara jaringan internet di semua layanan kesehatan mulai pekan depan. Hal itu dilakukan menyusul dicurinya 1,5 juta data medis pasien.

Laman the Straits Times melaporkan, Sabtu (21/7) menyebutkan Institusi kesehatan terbesar di Singapura itu menjadi target peretas yang berhasil mencuri 1,5 juta data medis pasien, termasuk data Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong mengatakan pemutusan jaringan internet ini akan berdampak pada pasien dan para petugas medis.

Misalnya, kata dia, pemutusan internet akan mempengaruhi sistem pembayaran. Namun Gan mengatakan langkah ini harus diambil demi kepentingan keamanan pasien.

PM Lee sudah memerintahkan Badan Keamanan Siber dan Badan Digital Pemerintah (SNDGG) untuk bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan guna memperketat pengamanan siber.

"Jika ada pembobolan maka kita harus menanganinya dengan tepat, meningkatkan kinerja sistem, dan memberitahu mereka yang terdampak," kata dia.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews