Ini Kata Obama Dalam Pidato Peringatan 100 Tahun Mandela di Afsel

Ini Kata Obama Dalam Pidato Peringatan 100 Tahun Mandela di Afsel

Barack Obama dan mendiang Nelson Mandela (Foto: thesouthafrican.com)

Afsel - Meskipun sudah meninggal pada tahun 2013, Nelson Mandela tetap menjadi ikon global untuk perjuangan bangsa kulit hitam dan rekonsiliasi setelah 27 tahun dipenjara.

Bagi Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama Nelson Mandela menjadi bagian inspirasinya. Apalagi mereka sama-sama presiden kulit hitam pertama di masing-masing negara.

"Saya pernah bertemu dengan Mandela pada 2005, meski hanya sebentar. Mandela adalah salah satu insipirasi saya," kata Obama dalam pidatonya, dikutip dari AFP, Rabu 18 Juli 2018.

Dalam peringatan 100 tahun Nelson Mandela di Afrika Selatan Obama turut hadir di Afrika Selatan. Ia diberi kehormatan untuk menyampaikan pidato. 

Sedikitnya 14 ribu warga Afrika Selatan diperkirakan berkumpul di stadion kriket Johannesburg hari Selasa (17/7) untuk menyimak mantan Presiden Amerika Barack Obama yang akan berpidato menjelang peringatan 100 tahun hari lahir tokoh antiapartheid Nelson Mandela.

Obama mendorong generasi muda Afrika Selatan agar melanjutkan perjuangan seumur hidup Mandela untuk mewujudkan demokrasi, keberagaman dan HAM, dalam Ceramah Tahunan ke-16 Nelson Mandela. 

Mandela Day, atau peringatan hari kelahiran Nelson Mandela diperingati di seluruh dunia setiap tanggal 18 Juli.

Nelson Mandela adalah pejuang anti apartheid Afrika Selatan. Ia dipenjara selama 27 tahun di bawah sistem pemerintahan minoritas kulit putih karena dianggap melakukan sabotase dan makar kepada pemerintah masa itu. Ia dibebaskan pada tahun 1990.

Empat tahun kemudian melalui pemilu pertama di negara itu yang diikuti oleh berbagai ras di sana, Nelson terpilih menjadi presiden.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews