Toko Roti Jadul di Pekanbaru Ini Produksi Roti Kuno yang Lembut, Empuk dan Manis

Toko Roti Jadul di Pekanbaru Ini Produksi Roti Kuno yang Lembut, Empuk dan Manis

Roti produksi toko roti legendaris di Pekanbaru yang diberi nama toko roti Senapelan (Foto:net/detik)

Pekanbaru - Toko roti jadul yang konon sudah berusia ratusan tahun masih tetap memproduksi roti kuno yang rasanya lembut, empuk dan manis alami. 

Di tengah maraknya jajanan kekinian dan beragam roti versi baru, Pekanbaru masih punya toko roti legendaris. Toko roti sederhana ini bernama 'Senapelan', mengambil nama jalan Senapelan tempat toko berdiri yaitu di Jl. Senapelan no.5.

Toko roti ini merupakan usaha keluarga yang telah dijalankan secara turun temurun. Konon sudah sejak ratusan tahun silam. Meskipun mulai populer di era 1950-an. Ini terlihat dari papan namanya yang tak pernah berubah 'Usaha Roti Senapelan'. 

Tidak ada resep, atau metode pembuatan roti yang diubah. Semuanya masih mempertahankan tradisi dan cara pembuatan roti tradisional sehingga rotinya merupakan roti kuno dengan metode biang roti. 

"Semua roti yang dibuat, masih menggunakan cara tradisional dengan resep turun temurun dari keluarga saya. Kami juga masih menggunakan oven tungku, sehingga rasa dan kualitas roti tetap terjaga," ujar Ayi sang pemilik toko roti Senapelan dilansir dari detik.com, Sabtu (7/7/2018).

Meski sudah berusia ratusan tahun, rupanya Ayi dan keluarga memilih untuk tidak membuka cabang di manapun. Termasuk menjual roti keliling dengan sepeda atau motor.

Alasannya cukup sederhana, Ayi dan keluarganya ingin terus menjaga nama dan kualitas dari roti Senapelan. Sehingga mereka selalu membatasi produksi roti setiap harinya. 

"Kami tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali. Semua roti di sini hanya tahan 3 hari saja," ucapnya.

Untuk roti andalan, di sini terkenal dengan Roti Otoy yang bentuknya oval panjang seperti Long John. Roti ini diisi dengan selai homemade segar, seperti kelapa, srikaya, dan cokelat.

Tekstur rotinya empuk lembut dengan serat roti halus memanjang khas roti kuno. Ada juga pilihan roti tawar, roti keju, roti pandan, hingga roti bantalnya yang manis, legit, dan lembut. 

Harga roti Senapelan sangat terjangkau. Untuk satu roti bantal berisi 8 potong, dibanderol dengan harga Rp12.000,- saja. Sementara roti otoy dihargai Rp10.000,-. 

Selain roti, toko roti ini menjual meisjes, aneka selai srikaya dan kacang, margarin hingga susu buatan sendiri. Semua produk roti dan makanan buatan Senapelan, telah terdaftar dalam Dinas Kesehatan dan dijamin halal. 

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews