Toilet Umum di Norwegia Termahal Dibangun Rp 27 Miliar

Toilet Umum di Norwegia Termahal Dibangun Rp 27 Miliar

Sebuah toilet umum di Norwegia di bangun berbiaya miliaran rupiah atau sekitar Rp 27 miliar.

Storvik - Sebuah toilet umum di Norwegia di bangun berbiaya miliaran rupiah atau sekitar Rp 27 miliar.

Selain tampil dengan bentuk yang bikin terkesima, banyak yang menyebut toilet ini sebagai toilet paling indah di dunia.

Bangunan ini tidak terlihat seperti toilet umum, tapi lebih mirip karya instalasi seni maupun arsitektur avant garde. Setuju?

Dirilis dari detik.com, toilet ini dirancang oleh arsitek Marit Justine Haugen dan Dan Zohar asal Oslo, toilet umum ini juga dilengkapi dengan kamar mandi. Di bagian luar toilet juga terdapat kursi panjang yang terbuat dari marble Norwegian Rose. 

Kursi tersebut diperuntukkan bagi pengunjung yang sedang mengantre toilet. Sembari menunggu antrean, pengunjung bisa menikmati pemandangan super cantik di sekitar Helgelandskysten, berupa pegunungan dan laut terbuka. 

Baca juga:

Pria Rusia Nyaris Tewas Saat Lift Jatuh dari Lantai 40

Terlibat Suap di Lingkungan Angkatan Laut AS, Wanita Singapura di Penjara

 

Dikutip dari Telegraph, toilet umum ini berdiri di pinggiran fyord; semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glaciar. Tepatnya di jalan Fv17 di Ureddplassen, Storvik, Norwegia.

Toilet umum berada di bangunan berbentuk gelombang warna abu-abu, dengan jendela kaca buram dan pendar cahaya kuning yang hangat nan indah. Kontras dengan pemandangan serba putih dan abu-abu di luarnya.

Toilet umum ini merupakan bagian dari rest area di Norwegian Scenic Routes. Untuk membangun toilet dengan eksterior yang cantik ini, menghabiskan biaya hingga 1,4 juta poundsterling atau sekitar Rp 27 miliar.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews