BMKG Karimun Analisa Cuaca Berpotensi Hujan

BMKG Karimun Analisa Cuaca Berpotensi Hujan

Kepala BMKG Karimun Raden Eko (Foto: Istimewa)

Karimun - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Karimun analisa prakiran cuaca Wilayah Karimun. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cuaca Kepulauan Riau, khususnya Karimun. 

Kepala BMKG Karimun, Raden Eko mengatakan bahwa, BMKG menganalisa kondisi cuaca akan berpotenti hujan. Penyebabnya karena ada daerah tekanan rendah, Samudra Indonesia sebelah barat dan adanya sirkulasi edy di Samudra pasifik. 

"Kita menganalisa terkait kondisi cuaca khusus daerah Karimun berpotensi hujan. Disebabkan pergerakan angin yang melewati daerah Karimun terjadi belokkan angin," kata Eko, selasa (3/7/2018).

Sementara itu, gelombang dan arus di perairan Karimun, akan adanya pusaran angin siklonik. dimana dapat menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin (Konvergensi) yang akan akan terus mengakibatkan hujan.

"Hal ini mendukung proses pertumbuhan banyaknya awan, sehingga akan menambah potensi pertumbuhan awan-awan konveksi yang dapat menyebabkan hujan," ujar dia.

Maka dari itu, Raden mengimbau kepada pengguna jasa angkutan laut agar lebih waspada. Selalu mengikuti aturan dan arahan yang diberikan oleh kantor pelabuhan setempat.

"Untuk tiga hari kedepan di wilayah Karimun masih dalam kondisi normal. Karena cuaca ekstrim itu berada di sebelah barat Sumatra. Namun tetap waspada, karena mengingat untuk awal bulan Juli ini kondisi perairan sedikit lebih tinggi dibanding biasanya," ucap Eko.

(edo)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews