Kalahkan Brasil di Babak Perempat Final

Luar Biasa! Mahasiswa Polibatam Juara III Dunia RoboCup 2018 di Kanada

Luar Biasa! Mahasiswa Polibatam Juara III Dunia RoboCup 2018 di Kanada

Tim RoboCup 2018 Polibatam saat berada di Kanada (Foto: Istimewa)

Batam - Tim robot Politeknik Negeri Batam (Polibatam), Barelang FC, juara dunia lomba robot Internasional (RoboCup 2018) di Montreal, Kanada. Dalam ajang tersebut, Tim Robot Polibatam meraih juara tiga.

Lomba Robot Committee itu berlangsung pada 16–22 Juni 2018. Tim ini mempersiapkan Robot Humanoid untuk bertanding. 

Hasilnya cukup membanggakan, dan ini merupakan perstasi yang pertama kali dicapai oleh Indonesia sejak 18 tahun yang lalu. 

"Bagi tim robot Polibatam prestasi tahun ini meningkat satu level dari tahun 2017 di Nagoya Jepang,’’ ujar Direktur Politeknik Negeri Batam DR Priyono Eko Sanyoto, Jumat (22/6/2018). 

Sebelumnya tim Barelang FC ini telah bertanding untuk tingkat nasional di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dan meraih juara pertama. 

Setelah itu mereka berkesempatan membawa nama Indonesia di ajang Internasional. 

Pada kompetisi itu beberapa orang dikirim ke Kanada. Diantaranya 6 mahasiswa, 2 dosen pembimbing, 1 orang manajemen Polibatam, dan 1 orang perwakilan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. 

Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Polibatam, Muslim Ansori menyampaikan, kelima robot Barelang FC  ini merupakan hasil riset dan karya dari kolaborasi antara mahasiswa dan dosen. 

Diantaranya Hanjaya, Gobar, Akbar, Andre, Febri, dan Joni dengan bimbingan Eko Rudiawan, Hendawan, Susanto dosen Jurusan Elektro Polibatam. Proses riset dan pengembangan robot-robot tersebut 100 persen dilakukan di laboratorium Robotika Polibatam.

Muslim menjelaskan pada tahap penyisihan Tim Barelang FC berada pada Group D. Pertandingan pertama berhadapan dengan China Tim Pertama dengan Skor 2-1 untuk Barelang FC. Pertandingan kedua Barelang FC kembali menang melawan Mexico dengan skor 4-0. Dan pertandingan ketiga melawan UK dengan skor 1-1. 

Singkirkan Brasil

Serangkaian kemenangan tersebut telah membawa Barelang FC sebagai juara grup D dan masuk menjadi tim 16 besar. Pada babak ini tim besutan Polibatam mendapatkan keuntungan pertandingan bye (tanpa lawan).  

Selajutnya kata Muslim, pada babak perempat final bertanding melawan Brasil dengan kemenangan di pihak Barelang FC 4-0. Pada babak semi final tim ini bertemu Prancis. Polibatam terpaksa harus mengakui keunggul dari tim pemenang pada tahun 2017 tersebut. 

Kekalahan tersebut masih menyisakan peluang bagi Tim Robot wakil Indonesia ini untuk mengukir prestasi, memperebutkan juara ketiga melawan tim China. 

Setelah melalui perpanjangan waktu dan adu pinalti, Tim Barelang FC akhirnya berhasil menaklukkan Tim Negara Tirai Bambu dengan skor 4-3 untuk Indonesia.

Nyaris gagal

Di balik cerita sukses tersebut, ada pengalaman yang tak terlupakan. Muslim mengatakan, Tim Barelang FC yang nyaris gagal mengikuti RoboCup 2018 ini dikarenakan sempat terkendala masalah penerbangan.

Tim ini harus menunda keberangkatan dan menginap di ruang tunggu Bandara Kuala Lumpur 2 hari 2 malam.

"Tapi apapun itu, semua terbayarkan dengan kemenangan yang kami terima untuk Indonesia dan Polibatam," katanya. 

Kedepan Muslim berharap bahwa prestasi ini dapat ditingkatkan, hal tersebut juga menjadi bukti bahwa kemampuan anak muda Indonesia di bidang teknologi canggih tidak kalah dengan bangsa lain. 

Selain itu juga pihaknya meminta agar pemerintah pusat maupun pemerintah daerah memperhatikan secara serius, memfasilitasi pengembangan kemampuan anak bangsa untuk teknologi tinggi. 

"Anak muda kita punya potensi. Tinggal bagaimana pemerintah mengarahkan dengan benar. Industri atau perusahaan di Tanah Air terutama di Batam diharapkan mulai membuka diri. Kami siap membantu perusahaan dalam memperbaiki atau mengembangkan robot2 yg digunakan dalam proses produksi," katanya.

MARGARETHA NAINGGOLAN

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews