Perang Dagang AS-China

Indonesia Jadi Alternatif Pasar Produk AS-China

Indonesia Jadi Alternatif Pasar Produk AS-China

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Peneliti senior Center of Reform on Economic (CORE) Mohammad Faisal mengatakan Indonesia bisa menjadi pasar alternatif produk Amerika Serikat (AS)-China yang saat ini bersitegang.

"Ada potensi pengalihan sebagian ekspor China yang tadinya ke AS menjadi ke negara-negara lain, dan Indonesia menjadi salah satu target pasar alternatif," kata Faisal saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/6/2018).

Faisal menjelaskan, Indonesia menjadi pasar alternatif dikarenakan pasar domestik tanah air yang luas dan hambatan perdagangannya juga rendah, baik hambatan tarif maupun non tarif.

Baca juga:

Inggris Tampil Dominan Lawan Tunisia
Hasil Lengkap Piala Dunia 2018 Tadi Malam

 

Faisal juga mengungkapkan dampak positif dari memanasnya hubungan dagang AS-China sangat terbatas. Pasalnya, tidak banyak produk industri manufaktur Indonesia yang bisa mengisi pangsa pasar ekspor diakibatkan perang dagang.

"Potensi penetrasi pasar ekspor Indonesia kedua negara tersebut juga relatif terbatas karena daya saing yang lemah dibanding negara-negara pesaing seperti Vietnam yang banyak menguasai pasar ekspor di AS maupun China," kata dia.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews