Cara Asyik Langsing Usai Lebaran, Jalan Kaki Sambil Kunyah Ini

Cara Asyik Langsing Usai Lebaran, Jalan Kaki Sambil Kunyah Ini

BATAMNEWS.CO.ID, - Menurunkan berat badan usai makan tak terkontrol ketika lebaran ternyata gampang. Cukup dengan mengkonsumsi makanan gaul ini.

studi terbaru mengungkap bahwa beberapa cara simpel, seperti mengunyah permen saat berjalan juga bisa membantu Anda mempercepat rencana penurunan berat badan.

Dikutip dari Times of India, sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Jepang dan dipresentasikan di konferensi medis di Eropa, menunjukkan bahwa mengunyah permen karet saat  berjalan dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Penelitian tersebut melibatkan 46 peserta yang mencakup pria dan wanita usia 21 sampai 69 tahun. Rata-rata mereka memiliki indeks massa tubuh (IMT) antara 22 dan 30.

Seluruh partisipan ini sering mengunyah permen karet lebih dari sekali dalam sepekan.

Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mengunyah dua permen karet selama 15 hari, setiap hari.

Kelompok dua meminum bahan-bahan permen karet yang dilarutkan dalam air, dikurangi bahan dasar permen karet dan kemudian berjalan selama 15 menit. Detak jantung dan kecepatan berjalan mereka pun diukur untuk mengkalkulasi energi.

Hasilnya, kelompok yang berjalan sambil mengunyah permen karet dapat membakar kalori lebih banyak. Bahkan, partisipan pria berusia di atas 40 tahun ditemukan membakar dua kalori ekstra per menit saat mengunyah permen karet.

Sementara itu, partisipan perempuan tidak menunjukkan perubahan yang luar biasa dalam pengeluaran energi.

Kendati demikian, penelitian ini perlu dilakukan pada sekelompok besar orang untuk memastikan apakah mengunyah permen karet betul-betul membantu menurunkan berat badan atau tidak. 

(deb)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews