4 Jawaban Cerdas untuk Jomblo Ketika Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran

4 Jawaban Cerdas untuk Jomblo Ketika Ditanya Kapan Nikah Saat Lebaran

BATAMNEWS.CO.ID, - Momentum Lebaran tak selalu menyenangkan, khususnya bagi jomblo. Mereka sering dibuat kesal dengan pertanyaan "kapan nikah".

Tak perlu sembunyi dan lari dari kenyataan. Tetaplah berbagia di hari Lebaran.

Jika ada yang usil bertanya "kapan nikah", contek saja 3 jawaban cerdas ala Christina Tedja, MPsi, psikolog yang berpraktik di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue berikut ini.

1. Tersenyum  

Menerima bahwa sudah menjadi sebuah kebiasaan di budaya timur seperti di Indonesia, ada batasan usia untuk menikah. Oleh karena itu, tidak perlu marah atau tersinggung apabila ada kerabat terutama orangtua yang kerap mempertanyakan hal tersebut.

Jadi tetaplah tersenyum," terang Tina, demikian ia disapa.

2. Bersikap tenang lalu menjauh

Kemudian yang kedua adalah take it easy. Hal ini memandang bahwa tidak ada yang salah bahwa pada saat ini (dalam usia berapa pun) belum memiliki pasangan, serta menganut paham bahwa menikah bukan masalah usia tetapi masalah kesiapan dalam segala aspek.

Tina melanjutkan, dalam menghadapi respons kerabat yang berbentuk sindiran langsung, jombloers bisa memilih untuk sekedar senyum. Sementara untuk sindiran tidak langsung, jombloers bisa memilih untuk menjauh dari orang yang menyindir.

3. Minta doa dan dikenalkan seseorang

"Dalam menghadapi respons kerabat yang berbentuk pertanyaan, Anda bisa memilih untuk menjawab 'Doakan yah biar secepatnya dapat pasangan yang cocok', 'Apa ada kenalan yang berkualitas dan kira-kira cocok dengan saya?'," pungkasnya.

4. Tunggu saja

Tina menambahkan, selain direspons dengan jawaban-jawaban bijak tersebut, para jomblo juga bisa menggunakan jawaban lain yang seolah-seolah meyakinkan mereka bahwa tak lama lagi Anda akan segera melangsungkan pernikahan.

"'Nanti yah kalo sudah siap semua, saya kirim undangannya', 'ditunggu saja', 'doakan biar cepat siap menuju pelaminan'", imbuh Tina.

(deb)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews