Kandas 15 Hari di Karang Perairan Natuna

KM Bukit Raya Docking di Batam

KM Bukit Raya Docking di Batam

KM. Bukit Raya akhirnya tiba di Pelabuhan Selat Lampa, Kabupaten Natuna usai terperangkap 15 hari di karang dangkal dan kandas. (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Terperangkap 15 hari di karang neneh, perairan Sedanau, Bunguran Barat, Kabupaten Natuna, kapal KM. Bukit Raya akhirnya bisa melanjutkan pelayaran menuju Pelabuhan Selat Lampa yang berjarak sekitar 12  mil dari lokasi.

Perwakilan PT. Pelni Kabupaten Natuna, Dani mengatakan saat ini kapal sudah sandar di Pelabuhan Selat Lampa.  Sebelumnya tim penyelam melakukan pengelasan setelah lambung kapal robek karena tertembus karang. Kapal ini sebelumnya kandas.

"Pengelasan akan dilakukan kembali (di Pelabuhan Selat Lampa). Sore besok mau berangkat ke Batam untuk docking," ungkapnya, Sabtu (2/6/2018).

Proses docking dikatakan Dani sengaja dilakukan di Batam untuk efesiensi. "Tidak jadi dock di Lampung. Di Batam biar dekat dan KM. Bukit Raya bisa cepat beroperasi," ujarnya.

Seperti diketahui, Bukit Raya mengalami kebocoran di lambung kapal akibat menghantam karang dangkal di perairan tersebut. Air pun masuk di sektor 41. Namun kebocoran ini bisa diantisipasi dan dilokalisir, karena kapal ini termasuk kapal modern yang terdiri dari banyak kompartemen.

Untungnya beberapa bagian vital dari kapal tidak mengalami kerusakan seperti kipas kemudi, propeler.

(M. Rozali)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews