Macam Tutul di Kolong Rumah Warga Berhasil Ditaklukkan

Macam Tutul di Kolong Rumah Warga Berhasil Ditaklukkan

Macan tutul yang sembunyi di rumah warga (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Sukabumi - Seekor macan tutul diketahui bersembunyi di kolong rumah seorang warga Hendi alias Goci (53), warga Kabupaten Sukabumi.

Hewan buas itu berhasil dilumpuhkan dokter hewan dari Taman Safari Indonesia (TSI). Macan itu tumbang tak sadarkan diri setelah kena tembakan.


Satwa tersebut bersembunyi selama 14 jam di kolong rumah atau sejak Rabu (16/5) sekitar pukul 23.30 WIB hingga Kamis (17/5/2018) siang pukul 13.30 WIB.

Setelah dua kali gagal, dokter berhasil memuntahkan peluru bius ke tubuh bagian belakang hewan tersebut.

"Tadi terlalu banyak batu dan rintangan di bawah kolong. Kami sulit menembakkan langsung senjata bius ke bagian pantat hewan itu," kata Bongot, dokter hewan dari TSI, saat berbincang dengan detikcom di lokasi, Kampung Perbawati, Desa Perbawati, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (17/5/2018).

Sebelumnya tim medis sempat mengelilingi rumah milik Goci. Posisi macan tutul sempat berpindah-pindah karena merasa terganggu.

"Ini tolong ditutup lagi dengan papan kayu, sekeliling saja. Takutnya sudah ketembak dia (macan tutul) lari keluar," teriak Bongot, kepada timnya.

Hewan liar itu menyerah usai kena tembakan bius. Petugas harus membongkar lantai rumah untuk mengambil macan tutul.

"Cairan bius medetomidin dan ketamin, biasanya sepuluh menit baru bereaksi. Setelah benar-benar tidak sadar, baru kita ambil," tuturnya.

Petugas lalu membongkar lantai rumah milik Goci. Hewan yang sudah dalam keadaan tidak sadar ini dibopong petugas. Macan tutul itu diperkirakan berusia muda.

Ukurannya hanya sekitar tiga kali kucing rumahan. Panjangnya sekitar 130 sentimeter dan tinggi sekitar 40 sentimeter. Macan tutul tersebut langsung ditangani tim medis.

(snw)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews