Tarawih Pertama di Batam Berlangsung Khusyuk dan Dijaga Polisi

Tarawih Pertama di Batam Berlangsung Khusyuk dan Dijaga Polisi

Suasana salat tarawih di Masjid Agung Karimun Kepulauan Riau (Foto: Edo Alba/Batamnews)

"Kita saling menghargai, menasihati, ustad ke umatnya, pendeta ke umatnya, Budha ke umatnya, dan saya untuk semuanya," ujar Rudi. 

BATAMNEWS.CO.ID, Karimun - Gema takbir berkumandang di seluruh penjuru Kabupaten Karimun dan juga di Batam serta daerah lainnya di Kepulauan Riau, pada malam pertama menyambut hari pertama puasa Ramadan. Masjid-masjid dipenuhi oleh umat muslim yang hendak tarawih pada hari pertama, Rabu (16/5/2018).

Jalan-jalan tampak sepi dan tidak ramai seperti biasanya di Bumi Berazam tersebut. Sebagian umat muslim menjalankan ibadah salat tarawih di masjid.

Seperti yang tampak di Masjid Agung Karimun, barisan (saf) laki terlihat penuh hingga pembatas perempuan, bahkan ada yang salat di teras masjid. Bagitu juga dengan barisan wanita.

Anak-anak, para remaja, orang dewasa dan tua, bersatu dalam masjid untuk menjalankan ibadah dengan khusyuk.

Sebelum melaksanakan solat tarawih di Masjid Agung, jemaah mendengarkan tausyiah atau siraman rohani dari penceramah.

Tidak hanya di Masjid Agung, masjid-masjid yang ada di Kabupaten Karimun juga dipadati oleh umat muslim. Parkir kendaraan di masjid-masjid juga terlihat begitu padat.

Tarawih di Batam

Suasana tarawih di Batam juga tak jauh berbeda dengan daerah lainnya di luar Batam. Ratusan umat muslim di Kota Batam menyambut Bulan Suci Ramadan dengan melaksanakan salat tarawih pertama di Masjid Raya Batam, Rabu (16/5/2018).

Pelaksanaan tarawih malam ini dilakukan secara serentak setelah puasa ditetapkan tanggal 1 Ramadan 1439 H jatuh pada tanggal 17 Mei 2018.

Pantauan lapangan, ratusan jemaah Masjid Raya Batam sangat antusias untuk menunaikan ibadah malam pertama bulan puasa ini. Bahkan puluhan jemaah rela salat hingga di area bagian luar masjid.

Selain itu, terlihat dua mobil patroli Polsek Batam Kota juga turut melakukan penjagaan di luar Masjid Raya Batam.

Salat tarawih diawali dengan shalat Isya berjemaah pada pukul 19.20 WIB dan berlangsung dengan melaksanakan 11 rakaat sholat tarawih.

Meskipun Masjid Raya Batam padat, namun malam pertama tarawih ini berjalan khidmat.

Jabal Arafah Nagoya

Seperti yang terlihat di masjid Jabal Arafah Nagoya, Batam, Kepri, ratusan warga berbondong-bondong memadati salah satu masjid terkenal di Batam itu.

Begitu juga beberapa musala yang ada di kawasan tersebut. Besok menjadi hari pertama umat muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadan, sesuai penggumuman yang dikeluarkan Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Di tempat terpisah Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengimbau kepada seluruh warga Batam untuk selalu menghargai satu sama lain. Apalagi di tengah isu terorisme saat ini. 

"Kita saling menghargai, menasihati, ustad ke umatnya, pendeta ke umatnya, Budha ke umatnya, dan saya untuk semuanya," ujar Rudi beberapa hari yang lalu. 

(edo/put)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews