Jokowi Lepas Ekspor Skala Besar dengan Kapal Berbobot 95 Ribu Ton

Jokowi Lepas Ekspor Skala Besar dengan Kapal Berbobot 95 Ribu Ton

Presiden Jokowi di acara pelepasan ekspor Indonesia ke Amerika (Foto: Ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Indonesia mengekspor produk industri skala besar ke Amerika Serikat. Ekspor dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (15/8/2018).

Komoditas yang dikirim terdiri dari 50 persen sepatu, 15 persen garmen, 10 persen produk karet, ban dan turunannya, alat-alat elektronik 10 persen, dan produk lainnya 15 persen.

"Bukan bahan mentah, tetapi sudah bahan-bahan produksi, produk-produk industri yang kita harapkan ini akan meningkatkan ekspor kita," kata Presiden dalam sambutannya pada acara pelepasan ekspor di Jakarta International Container Terminal (JICT), Selasa (15/5/2018).

Ekspor tersebut menggunakan Kapal MV CMA CGM Tage. Kapal ini merupakan kapal besar berkapasitas 10 ribu TEUs dan berbobot 95.263 GT (Gross Tonnage).

Kapal ini memiliki layanan Java-America Express (JAX) yang rutin melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA dan Oakland) Amerika Serikat (direct call).  

"Artinya pengiriman ini besar sekali dan dilakukan dengan sangat efisien dengan direct call. Ini akan menurunkan biaya logistik yang sangat besar. Tadi sudah disampaikan oleh Dirut Pelindo bahwa setiap kontainer menghemat biaya kurang lebih USD300 dan ini akan memberikan daya saing produk-produk kita terhadap produk-produk dari negara lain," lanjutnya.

Presiden juga menyampaikan bahwa ekspor ke Amerika Serikat ini menandakan bahwa Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam geo ekonomi di Indo Pasifik. Indonesia berusaha menjadikan kawasan Indo Pasifik sebagai salah satu sumber utama pertumbuhan ekonomi, pusat perdagangan, dan industri dunia.

Turut hadir mendampingi Presiden dalam pelepasan ekspor ini adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya.

(deb)

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews