Harga Pangan

Jelang Ramadan Harga Cabai Menjadi Rp 40 ribu per Kg

Jelang Ramadan Harga Cabai Menjadi Rp 40 ribu per Kg

Jelang bulan Ramadan harga sejumlah pangan mengalami penurunan. (foto: Johannes/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Jelang bulan Ramadan harga sejumlah pangan mengalami penurunan. Berdasarkan sidak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, di Pasar Toss 3000 Jodoh, Lubuk Baja, Batam, Selasa (15/5/2018) penurunan harga hampir di semua pangan.

Seperti harga cabai merah yang beberapa hari lalu masih Rp 50.000/Kg, hari ini Selasa (15/5/2018) turun menjadi Rp 40.000/kg. Begitu juga dengan cabai rawit menjadi Rp 25.000/kg dari Rp 32.000/kg.

Seorang pedagang, Sebiring mengatakan, kondisi harga tidak bisa dipastikan naik atau turun.

"Sebenarnya tergantung pasokan, kalau banjir pasokan yaa turun, tetapi kalau sedikit yaa naik," ujar pedagang cabai itu.

Begitu juga cabai ijo, dari Rp 28.000/kg turun menjadi Rp 20.000. Sama seperti cabai, harga bawang juga turun. Seperti bawang jawa turun sekitar Rp 2000/kg, untuk bawang jenis birma turun sekitar Rp 3000/kg.

Ketika sidak, Ketua Disperindag Kota Batam, Zarefriadi mengatakan, tidak ada harga yang melabung tinggi.

"Pemberitaan saja yang berlebihan," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah memberikan pasokan lebih pada lebaran kali ini, seperti beras biasanya dipasok 1000 ton sekarang sudah 2000 ton lebih.

"Semuanya aman, kalau pedagang tidak menjual di atas harga normal," katanya.

Lanjut dia, Disperindag menemukan beberapa pedagang yang menjual barangnya di atas harga normal. Pihaknya akan mengirimkan surat kepada para distributor untuk membina para mitra masing-masing.

(tan)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews