Arus Belanja Online Meningkat Jelang Ramadan, Apa Penyebabnya?

Arus Belanja Online Meningkat Jelang Ramadan, Apa Penyebabnya?

Foto: istock

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Jelang Ramadan konsumsi belanja orang Indonesia akan meningkat. Hal ini salah satunya bisa kita lihat dari beberapa platform commerce dan marketplacelainnya.

Berdasarkan data dari SimilarWeb, arus belanja online di lima platform e-commerce besar menunjukkan peningkatan lima hingga 10 persen pada sebulan jelang Ramadan.

Dikutip dari Liputan6.com, Indra Yonathan selaku Co-Founder & Country Head of ShopBack Indonesia menuturkan bahwa di Ramadan tahun ini, transaksi belanja online dipercaya akan meningkat hingga dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Ada 2 penyebab mendasar yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Pergeseran Pola Prilaku

Berdasarkan studi yang sama, masyarakat Indonesia menghabiskan rata-rata Rp 678,726.56 pada Ramadan tahun lalu. Walaupun volume transaksi meningkat, tetapi nilai pembelian dari setiap transaksi tetap tidak berubah.

Diskon untuk mendorong perilaku impulsif belanja online

Hal ini pun didukung dari laporan Accenture yang mengatakan bahwa 74,1 persen pembeli digital di Indonesia menyatakan bahwa harga produk yang murah serta diskon besar memicu perilaku impulsif dalam pembelian digital. 

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews