5 Hal yang Membuat Kantong Milenial Ludes

5 Hal yang Membuat Kantong Milenial Ludes

BATAMNEWS.CO.ID. Jakarta - Saat ini godaan finansial begitu banyak. Tuntutan gaya hidup terkadang membuat generasi milenial tergoda untuk mengeluarkan uang. Apalagi godaan seperti belaja online misalnya.

Tinggal klik langsung beli. Banyak hal yang membuat milenial gak sadar menggunakan uangnya untuk hal-hal yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Berikut faktor-faktor tersebut.

Mendahulukan Keinginan Daripada Kebutuhan

Belanja ga ada salahnya. Belanja kebutuhan hidup sehari-hari ya wajib, semisal makanan, pakaian, hunian. Makanan, pakaian, dan hunian yang seperti apa, nah itu yang perlu Anda sesuaikan dengan kocek.

Yang penting jangan belanja hanya karena gengsi ataupun riya (pamer). Belanja berlebihan hanya karena terdorong keinginan aja, ya nantinya Anda yang nelangsa sendiri.

Baca juga: Bayi-bayi Malang yang Diduga Dibuang Orangtuanya di Batam

Utang Konsumtif Ketimbang Utang Produktif

Orang hidup punya utang tuh wajar aja, ya ga. Tapi, utang apa dulu. Yang harus Anda hindari utang konsumtif, semisal beli gadget atau kendaraan baru dengan mencicil, apa lagi kalau mencicil utang buat travelling, wah janganlah! Lebih-lebih kalau ngutangnya sama rentenir!

Gunakan Kartu Kredit

Sebelum pake kartu kredit, Anda harus yakin dulu bahwa kartu kredit adalah alat bayar bukan alat utang. Kalau Anda yakin ga ada duitnya pada saat tagihan kartu kredit datang, ya jangan pake.

Pada prinsipnya, orang yang punya kartu kredit adalah orang yang punya duit untuk membayar tapi bukan pada saat transaksi. Namanya itu emang tetap utang, tapi utang yang dibayar lunas pada saat tagihannya datang.

Tidak Menabung dan Investasi

Yang namanya kesadaran itu memang ga bisa tiba-tiba munculnya, semisal kesadaran menabung atau berinvestasi. Kesadran ini harus terus Anda ingat dan dilakonin.

Menabung bukan kalau ada sisa penghasilan setelah dibelanjakan, tapi memang secara sadar Anda sisihkan begitu Anda terima penghasilan.

Tidak Mencari Penghasilan Tambahan

Anda perlu cari penghasilan tambahan atau kerja sampingan. Banyak kok kerja sampingan yang ga ganggu kerja utama Anda. Meskipun usaha sampingan, tapi jangan sampe Anda ga ada untung melakukannya.

Harus menghasilkan keuntungan yang lumayan untuk menambah penghasilan Anda. Cobalah asah kreativitas, cari peluang usaha atau jenis usaha yang paling Anda kuasai.

Bisa aja dengan cara Anda memanfaatkan hobi semisal desain grafis, desain baju, bikin aksesoris, masak makanan enak.

(kin)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews