Komunitas GenPI Majalengka Terbentuk, Siap Sasar Medsos

Komunitas GenPI Majalengka Terbentuk, Siap Sasar Medsos

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta – Pariwisata Majalengka bergerak cepat. Untuk mengangkat destinasi dan atraksi daerah, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Majalengka akan diluncurkan akhir pekan nanti. Tidak hanya itu, destinasi digital pun disiapkan.

Pembentukan GenPI Majalengka diinisiasi langsung Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata. Peluncuran GenPI Majalengka akan dilaksanakan Sabtu (12/5). Lokasinya di objek wisata paralayang Gunung Panten.

"Kami harapkan pariwisata Majalengka akan semakin kuat dengan kehadiran GenPI. Pembentukan komunitas ini sangat strategis untuk mempercepat laju pariwisata Majalengka," ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar I Gde Pitana, yang diamini oleh Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto, Senin (7/5).

Turun langsungnya Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar membentuk GenPI Majalengka bukan tanpa sebab. Pasalnya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka akan segera diresmikan. Hal ini harus segera diantisipasi sehingga dapat mempercepat akselerasi pariwisata Majalengka. 

"Sebagai salah satu ujung tombak promosi pariwisata Indonesia, GenPI telah menunjukkan performa yang luar biasa. Kehadiran GenPI tentu akan membuat pariwisata Majalengka semakin kencang berlari," kata Pitana. 

Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto mengatakan, GenPI adalah motor promosi pariwisata. Awak GenPI juga aktif melakukan penetrasi pasar. Eksekusinya memakai konsep go digital. Fokusnya, mengoptimalkan peran medsos agar promosi pariwisata menjadi lebih efektif. Termasuk untuk menjual destinasi yang ada di Indonesia.

“GenPI harus menuliskan semua hal menyangkut potensi pariwisata di daerahnya. Mereka lalu memviralkannya melalui medsos. Konsep seperti ini jauh lebih efektif. Yang penting no hoax, no SARA, dan no politics,” jelasnya.

Dijelaskan Hariyanto, GenPI harus diaktivasi agar terus aktif. Aktivasi itu bisa dilakukan melalui Calendar of Events, destinasi wisata, maupun kebijakan kepariwisataan. 

Salah satu tugas yang sudah menunggu GenPI adalah membuat destinasi digital. Semangat ini sejalan dengan Rakornas Pariwisata I di Bali, beberapa waktu lalu. Dalam rakornas itu, Menteri Pariwisata menargetkan pembentukan 100 destinasi digital baru diseluruh Indonesia. 

"Destinasi digital merupakan salah satu bentuk aktivasi GenPI. Sekaligus menjalankan hasil Rakornas Pariwisata. Untuk itu, kami juga telah menyiapkan embrionya. Lokasinya ada di Talaga Pancar, Desa Lengkong Majalengka. Nanti kita akan sekalian site-visit persiapan aktivasi destinasi digital, Minggu (13/5)," jelas Hariyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik pembentukan GenPI Majalengka. Menurutnya, kehadiran GenPI akan meningkatkan akselerasi serta promosi pariwisata Majalengka. 

"GenPI akan sangat membantu pariwisata Majalengka. Apalagi salah satu venue Asian Games 2018, yaitu cabang kano, akan digelar di Majalengka. Tepatnya di Bendung Rentang. Tentunya ini harus dimaksimalkan," kata Menpar.

(*)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews