6 Negara Islam Ini Melarang Hizbut Tahrir

6 Negara Islam Ini Melarang Hizbut Tahrir

Spanduk dukung khilafah mewarnai sidang putusan HTI

BATAMNEWS.CO.ID, - Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) baru saja memutuskan untuk menolak gugatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) atas Menteri Hukum dan HAM yang membubarkan gerakan tersebut.

Dengan ini maka Indonesia menjadi negara ke-21 yang melarang keberadaan HTI di negaranya. Dari 21 negara yang melarang adanya Hizbut Tahrir (HT), berikut adalah 6 negara Islam yang juga melarang adanya HT di negaranya.
1. Turki
Di Turki, Hizbut Tahrir atau yang dikenal juga sebagai Partai Pembebasan dilarang karena terlibat aksi kekerasan dan merencanakan Konferensi Khilafah di Istanbul pada 5 Maret 2017. Setahun sebelumnya, Hizbut Tahrir juga menggelar konferensi serupa di ibu kota Turki, Ankara.

Sementara Turki secara resmi melarang Hizbut Tahrir, namun masih tetap beroperasi hingga kini. Pada tahun 2009 polisi di Turki menahan sekitar 200 orang karena diduga menjadi anggota tersebut.

Kelompok tersebut, menurut polisi Turki, berencana melakukan serangan besar atau makar di Ä°stanbul pada hari peringatan pelepasan kekhalifahan.

2. Saudi
Arab Saudi melarang Hizbut Tahrir karena menganggapnya sebagai ancaman. Arab Saudi melarang aktivitas HT dan persebaran terbitan-terbitan karangan penulis yang berafiliasi dengan HT.

Misalnya buku-buku Omar Bakrie Mohammad, seorang salafi militan Suriah yang memprakarasi HT cabang Inggris dan sel-sel HT di Saudi pada 1980-an.

3. Mesir
Di Mesir, pada masa pemerintahan Gamal Abdul Nasser (1958-1970), HT resmi dilarang dan bergerak di bawah tanah. Pada 1974, kelompok bernama Shabab Muhammad menyerbu sekolah militer di Kairo guna melancarkan kudeta dengan membunuh Presiden Anwar Sadat.

Para pelaku kudeta, yang dikabarkan diradikalisasi oleh seorang aktivis HT, mengumumkan berdirinya negara Islam di bawah kepemimpinan HT. Kudeta yang gagal itu direspons oleh otoritas Mesir dengan pemenjaraan dan hukuman mati.

4. Suriah
Di Suriah, organisasi ini dilarang lewat jalur ekstra-yudisial pada 1998-an.Namun, ketika gerombolan teroris ISIS dan pemberontak lainnya melakukan perjuangan bersenjata, HTI kembali eksis secara diam-diam.

5. Jordania
Tatkala HT baru saja didirikan di Tepi Barat, Palestina, Yordania—yang kala itu berkuasa di daerah tersebut—sudah melarang organisasi tersebut, yakni 22 Maret 1953. Alasannya, HT dinilai mengancam kedaulatan negara.

6. Libya
Hizbut Tahrir mulai dilarang sejak dideklarasikan di Palestina oleh Libya. Tepatnya, HT dilarang ketika Libya masih dipimpin oleh Muamar Khadafi.
Ketika itu, HT dilarang karena menghasut mahasiswa dan taruna akademi militer untuk memberontak terhadap Khadafi yang berhaluan sosialis.
(deb)

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews