Tour de Natuna, Eksplorasi Wisata di Ujung Indonesia

Tour de Natuna, Eksplorasi Wisata di Ujung Indonesia

Sekda Natuna, Wan Siswandi memimpin rapat koordinasi Tour de Natuna. (Foto: ist)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Gelaran olahraga dan pariwisata, Tour de Natuna sedang dimatangkan Pemkab Natuna. 

Survei sudah dilakukan pada 22 - 25 April 2018 lalu oleh tim dari dinas pariwisata. Ada tiga rute yang bakal dipertimbangkan untuk kegiatan balap sepeda ini.

Rute pertama mulai dari Kantor Desa Teluk Buton, Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di Pantai Kencana - Ranai. 

Rute kedua mulai dari Pantai Kencana sampai Pelabuhan TNI Angkatan Laut Selat Lampa dan rute ketiga dimulai dari lapangan sepakbola Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di Pantai Kencana, Ranai.

Pertemuan terkait penyelenggaraan ini digelar melibatkan Indonesia Grand Prix (IGD) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah di Kantor Bupati Natuna, Rabu (25/4/2018) lalu.

Sekda Natuna, Wan Siswandi, mengatakan Pemkab melibatkan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang memungkinkan untuk mendukung hal tersebut.

"Kita juga butuh dukungan masyarakat yang berada di sekitar lokasi kegiatan nantinya," sebut Wan.

Ia mengatakan kegiatan ini menjadi upaya daerah mengembangkan sektor pariwisata. Multi efeknya diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Kami berharap dalam pelaksanaannya nanti, seluruh unsur harus saling mendukung dan bekerjasama untuk menyukseskan," ujar Wan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Natuna, Erson Gempa Afriandi mengatakan, Natuna memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan.

"Nah untuk memberikan nilai tambah bagi meningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, dibutuhkan strategi promosi yang bertujuan untuk menarik minat kunjungan wisatawan di daerah, seperti kegiatan Tour de Natuna," terangnya. 

Mengingat pentingnya promosi wisata tersebut, Pemda melalui Dispar juga berencana mengadakan beberapa event besar lainnya seperti Festival Tari tingkat nasional.

Perwakilan dari IGD, Udianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini bagi memantapkan persiapan-persiapan, melalui survei berbagai aspek seperti rencana rute yang akan dilalui peserta Tour de Natuna nantinya.

(fox)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews