Warga Binaan Rutan Tanjungpinang Siap Mencoblos

Warga Binaan Rutan Tanjungpinang Siap Mencoblos

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Sebanyak 65 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Tanjungpinang siap mencoblos di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018, Senin (30/4/2018).

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, warga binaan di Rutan Klas I Tanjungpinang yang memiliki hak pilih ada sebanyak 106 orang.

Setelah cek di sistem dari 106 orang warga binaan hanya 65 orang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) e-KTP.

"Sebanyak 65 orang itu sudah lengkap alamatnya dan bisa untuk menggunakan hak pilih, yang sisanya sebanyak 41 orang belum ada apa-apa, tidak memiliki e-KTP atau  Surat Keterangan (Suket)," kata Robby.

Robby melanjutkan, sebanyak 41 orang warga binaan yang tidak memiliki e-KTP dan Suket itu, KPU berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang untuk melakukan perekaman e-KTP di Rutan.

"Kami ajak Kadisdukcapil melakukan perekaman di sini, agar mereka nanti bisa menggunakan hak pilihnya pada  27 Juni 2018 mendatang," ujarnya.

Sementara untuk masalah pencoblosan nanti, kata Robby, pihaknya meminta kepada Rutan untuk membentuk TPS di depan Rutan, itu pun kalau pihak Rutan mengizinkan.

"Mekanismenya setelah satu jam terakhir masyarakat sekitar memilih, nanti petugas kami masuk ke dalam untuk membawa kertas suara dan kota suara, kan mereka tidak mungkin keluar," katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke para warga binaan yang memiliki hak pilih.

(adi)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews